KKN Tematik PPD UPI 2020: KKN Online selama Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Madani-News.com – Pandemi masih berlangsung. Setelah selesainya KKN gelombang pertama dengan nama “Tematik Pencegahan Covid-19 untuk Mewujudkan Merdeka Belajar (KKN Tematik Covid-19 MMB)” yang berlangsung dari 17 Mei 2020 sampai dengan 17 Juni 2020, selanjutnya dilaksanakan pula KKN gelombang kedua dengan nama “Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (KKN TEMATIK PPD COVID-19)” yang dilaksanakan dari 16 November 2020 sampai dengan 30 Desember 2020.

Masih sama dengan pelaksanaan pada gelombang pertama, gelombang kedua dari KKN yang dilaksanakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia ini dilakukan secara daring. Saat ini mahasiswa yang telah mengontrak KKN sebelumnya, melaksanakan KKN gelombang kedua ini di daerahnya masing-masing.

Lain halnya dengan gelombang pertama dimana program wajibnya adalah melakukan pendataan, gelombang kedua dari program KKN Tematik ini difokuskan pada bidang pendidikan dan ekonomi. Mahasiswa yang telah mengontrak KKN akan diberikan program wajib (Program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan) serta dua program pilihan (Program edukasi pencegahan Covid-19 dan Program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang ekonomi).

Lebih lengkapnya dalam Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan Dan Penanggulangan Dampak Covid-19 Di Bidang Pendidikan Dan Ekonomi Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (Kkn Tematik PPD Covid-19), mahasiswa diminta melaksanakan kegiatan-kegiatan pada program wajib dan memilih minimal dua kegiatan pada program pilihan yang ada.

KKN Tematik PPD Covid-19 ini memberikan manfaat bagi mahasiswa dan masyarakat. Dengan melaksanakan program-program yang ada, mahasiswa bukan hanya ikut mencanangkan Program KKN yang telah dikontrak sebelumnya tapi juga membantu masyarakat menghadapi dampak Covid-19 di bidang pendidikan dan ekonomi. Karena pada program KKN Tematik PPD Covid-19 ini mahasiswa akan melakukan penguatan pembelajaran daring, pembimbingan belajar daring terhadap anak dan orang tua, serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Selama KKN online ini mahasiswa banyak menciptakan poster untuk menyebarkan informasi dan mengedukasi sasaran, mengadakan webinar, serta mencanangkan kegiatan-kegiatan lainnya. Salah satu mahasiswa KKN Tematik PPD Covid-19 dari Kelompok 8, dengan Dosen Pembimbing Lapangan Syifaul Fuada, S.Pd., M.T., Sabila Kurnia dengan NIM 1700172 menggunggah beberapa konten edukasi pada akun Instagram dan channel Youtube-nya. Poster dan video tersebut di-upload ke Instagram dan Youtube, selanjutnya mahasiswa menyebarkan konten-konten edukasi tersebut dengan membagikan linknya via Whatsapp dan Facebook. Harapannya konten-konten tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat dan meningkatkan edukasi Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19. Secara lengkap, bisa dicek di akun Instagram-nya di @kkn_sabilakurn serta Channel Youtube ini.

Salah satu luaran dalam program KKN Tematik PPD Covid-19 ini khususnya di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta adalah artikel jurnal yang selanjutnya dijadikan book chapter. Pada tanggal 12 Desember 2020, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta mengadakan Webinar KKN Tematik berjudul “Pengabdian Pada Masyarakat di Era Pandemi Covid-19 Guna Menyongsong Indonesia Emas 2045” untuk mensosialisasikan hasil artikel jurnal tersebut. Selain ini, webinar tersebut juga mengundang Hendra Kusuma Sumantri dan Dr. Idat Muqodas, M.Pd. sebagai pemateri yang menyampaikan materinya yang luar biasa.

Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta sendiri menetapkan tanggal 17 Desember 2020 sebagai akhir dari KKN Tematik PPD Covid-19. Adapun dengan selesainya program KKN tersebut diharapkan memberikan manfaat pada banyak pihak khususnya guru, orang tua, serta peserta didik.
Pandemi belum selesai, namun hal tersebut tidak akan menghalangi mahasiswa untuk mengabdi pada negeri. Hidup Pendidikan Indonesia!.