KKN Tematik UPI 2020: Edukasi Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Penulis : Sabila Kurnia (Universitas Pendidikan Indonesia)

Madani-News.com – Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (KKN TEMATIK PPD COVID-19) adalah nama kuliah kerja nyata tematik yang dilaksanakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UPI tahun 2020 gelombang 2 ini dilaksanakan pada tanggal 16 November 2020 – 30 Desember 2020 di tengah-tengah kondisi pandemik COVID-19 yang masih berlangsung di bumi Pertiwi.

Seperti yang KKN gelombang 1 yang telah dilaksanakan sebelumnya, gelombang 2 KKN Tematik UPI tahun 2020 masih dilaksanakan secara online di wilayah masing-masing. Pandemi tidak akan menghalangi UPI untuk tetap mengabdi dan mengedukasi masyarakat. Universitas berlatar belakang Pendidikan ini meluncurkan program KKN yang disesuaikan dengan situasi saat ini, sehingga program KKN masih tetap berlangsung dan masyarakat terbantu dengan terlaksananya program-program tersebut. Adapun KKN gelombang kedua ini bertemakan Edukasi Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19. Pelaksanaan KKN Tematik ini dilakukan secara daring di tempat tinggal masing-masing secara individu.

Universitas Pendidikan Indonesia memberikan 1 program wajib dan menawarkan beberapa program pilihan untuk pelaksanaan KKN Tematik ini yakni: Program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan (program wajib), Program edukasi pencegahan Covid-19 (program pilihan) serta Program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang ekonomi (program pilihan). Program-program tersebut terdiri atas berbagai macam kegiatan yang pada umumnya bertujuan untuk menguatkan program pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Dalam program tersebut terdapat berbagai kegiatan KKN yang dapat dilaksanakan mahasiswa seperti: penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran, pendampingan pembelajaran daring siswa untuk semua mata pelajaran, pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran, program edukasi pencegahan Covid-19 bagi anak sekolah, membuat video program penanggulangan dampak Covid-19 di bidang ekonomi untuk dipublikasikan ke media sosial, serta kegiatan-kegiatan lainnya yang dilaksanakan secara daring.

Syifaul Fuada, S.Pd., M.T. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Tematik Covid-19 UPI Kelompok 8, mengatakan bahwa “Dengan hadirnya KKN Covid-19 ini, mahasiswa bisa belajar menjadi lebih peka dengan problema masyarakat di sekitarnya, bisa mengimplementasikan salah satu tri drharma perguruan tinggi, membantu masyarakat dan turut serta mencanangkan program-program yang ada.” tuturnya.

Salah satu mahasiswa bimbingannya, Sabila Kurnia dengan NIM 1700172 sendiri memilih “Pembuatan media edukasi daring berupa gambar atau video pencegahan Covid-19 bagi masyarakat melalui Media: Whatsapp, Instagram, Facebook, Twitter, Youtube” serta “Membuat video program edukasi pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 untuk dipublikasikan ke media sosial” sebagai program pilihannya. Harapannya, melalui media daring tersebut masyarakat mendapatkan informasi yang bermanfaat. Adapun program wajibnya yang berupa Program Edukasi Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan ia lakukan di salah satu RA di sekitar lingkungannya yaitu RA Daarul Amiin.

Universitas yang kental dengan ‘Pendidikan’ ini mendukung penuh pemerintah dalam penguatan program pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Dengan terlaksananya KKN Tematik PPD Covid-19 ini diharapkan mampu membantu masyarakat khususnya dari segi pendidikan. Dengan terlaksananya KKN Tematik PPD Covid-19 ini, diharapkan mampu meningkatkan edukasi Covid-19. Hidup Pendidikan Indonesia!. (*)