KKN Tematik UPI Purwakarta 2021: Meningkatkan Pemahaman Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 SDN Srimukti Kab. Subang Melalui Media Pembelajaran Berbasis Games

Subang – Literasi merupakan kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi seperti membaca, berbicara, menulis, dan menyimak yang bisa dilakukan dengan berbagai cara. (Elizabeth Sulzby, 1986).

Kegiatan literasi ini biasanya dilakukan oleh banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang banyak sekali yang beranggapan bahwa literasi merupakan kegiatan yang membosankan, padahal tanpa disadari mereka semua telah melakukan kegiatan literasi dasar seperti membaca koran, membaca dongeng, membaca buku resep dan yang lainnya. Kegiatan literasi pun sangat banyak jenisnya mulai dari Literasi Baca-Tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Digital, Literasi Finansial serta Literasi Budaya dan kewargaan.

Namun Negara Indonesia sendiri memiliki tingkat literasi yang sangat rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil studi berjudul “The World’s Most Literate Nations” menyebutkan bahwa Indonesia berada di peringkat ke-60 dari 61 negara. Selain itu, berdasarkan survei PISA yang dirilis OECD pada tahun 2019, tingkat literasi Indonesia berada di peringkat 10 terbawah dari 70 negara.

Maka dari itu Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bersama Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ikut berkontribusi dalam menyikapi rendahnya perolehan skor PISA Indonesia dan mengemasnya kedalam sebuah kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan mengusung tema “Mengembangkan Literasi dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka – Pusat Prestasi Nasional” . Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 26 Agustus – 26 September 2021 dan diikuti oleh seluruh mahasiswa UPI Semester 7 yang terbagi kedalam beberapa kelompok serta didampingi oleh para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Untuk menyikapi permasalahan tersebut Penulis tergabung dalam kelompok 58 yang di bimbing langsung oleh Ibu Dian Permatasari, S.Kom., M.Kom. Dari beberapa ide yang ada, akhirnya penulis menyoroti Literasi Numerasi dengan sasaran Siswa Kelas 5 SDN Srimukti Kabupaten Subang, pihak sekolah seperti kepala sekolah, guru serta orang tua siswa. Literasi Numerasi ini memuat pengetahuan dan kecakapan untuk memperoleh dan mengkomunikasikan berbagai macam angka dan simbol serta bertujuan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam hal membaca, menulis dan sebagainya. Selain itu juga, melalui kegiatan literasi ini diharapkan bisa menumbuh kembangkan budi pekerti para siswa melalui pembiasaan membaca (literasi). Berdasarkan data yang didapat bahwa hampir semua siswa tidak terlalu tertarik terhadap bacaan dan juga menghitung, mereka bilang hal itu membuat pusing, bosan bahkan lebih memilih untuk bermain game saja. Selain itu juga dengan melakukan gebrakan terbaru yakni berkaitan dengan bidang teknologi diharapkan seluruh masyarakat Indonesia khususnya warga sekolah SDN Srimukti Kabupaten Subang ini siap menghadapi era baru yang berdampingan dengan teknologi.

Melalui kesempatan ini, kami mengemas pembelajaran dalam bentuk game yang bisa diakses baik secara online maupun offline sehingga tidak ada alasan lagi bagi siswa untuk malas belajar serta memudahkan para guru dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi. Nantinya akan ada banyak sekali template atau contoh yang dapat digunakan dalam web “Wordwall”dan bisa diakses secara gratis serta cara pengaplikasiannya pun sangat mudah mulai dari mendaftar menggunakan akun gmail lalu mencari template yang akan digunakan dan siap untuk membuat media pembelajaran.

Games yang telah dibuat pun telah di uji coba kan pada beberapa siswa kelas 5 SDN Srimukti Kabupaten Subang dan mendapatkan respon yang sangat beragam. Salah satu siswa berpendapat “Game nya bagus bu, aku suka karena seru banget bisa kerjain soal matematika tapi dikasih waktu, jadi aku bisa fokus dan lebih teliti dalam membaca soal tapi aku ada soal yang salah. Nanti bikin banyak game lagi ya bu” ujar Yazid. Dengan mendapatkan respon positif dari siswa dan guru lainnya, hal ini membuat kami menilai bahwa program ini bisa diteruskan dan layak untuk kegiatan pembelajaran. Diharapkan seluruh siswa SDN Srimukti bisa mencoba game ini dan bisa meningkatkan pemahaman literasi pada siswa sehingga Indonesia bisa menduduki peringkat teratas dalam dunia literasi.

Penulis:
Indriani Nurhidayat, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Purwakarta.
Dian Permatasari, S.Kom., M.Kom. Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 58.