Komisi C DPRD Jateng Minta Target 2021 Harus Dikejar

Jawa Tengah, Semarang – Rapat Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kembali memasuki pembahasan di hari kedua di Ruang Rapat Komisi C, Gedung Berlian, Jalan Pahlawan Nomor 7 Pahlawan Kota Semarang, Selasa (23/6/2020). Rapat yang diikuti 13 organisasi perangkat daerah (OPD) terkait membahas target pencapaian dan realisasi Tahun 2020 yang nantinya akan menjadi masukan dalam penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) mendatang.

Dari beberapa paparan yang disampaikan semua jajaran OPD, banyak diantaranya tidak memenuhi target yang sudah ditetapkan meskipun sudah melewati twiwulan pertama dan kedua yang akan habis. Total keseluruhan pencapaian sampai Mei rata-rata tercapai di angka 35% karena dampak pandemi Covid-19. Oleh karena itu, banyak dinas yang mengusulkan penurunan target pada 2021.

Hal tersebut menjadi perhatian Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jateng Asfirla Harisanto. Dalam rapat itu, ia meminta jajaran dinas untuk lebih baik lagi agar bisa mencapai target yang sudah ditentukan. Ia mengakui pandemi Covid-19 membawa dampak buruk yang cukup luas sehingga banyak layanan yang tertunda bahkan ditutup.

“Pandemi Covid-19 memang membawa dampak buruk, banyak pelayanan tidak berjalan maksimal terutama pendapatan daerah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti sektor pariwisata, UMKM, dan aset yang disewakan. Memasuki New Normal, kami berharap OPD lebih bekerja maksimal mengejar target akhir tahun yang sudah ditetapkan,” terang Bogi dari Fraksi PDI Perjuangan itu.

Sebagai informasi, OPD yang mengikuti rapat bersama Komisi C itu antara lain Dinas Sosial, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Dinas Perhubungan, Dinas Peternakan, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Dinas Kelautan Perikanan, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Dinas Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu. (Red/Rifky)