Konsumsi Sayur Bayam Dapat Tingkatkan Imunitas Tubuh di Tengah Merebaknya Wabah Virus Corona

Madani-News.com – Kita patut bersyukur tentang apa yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, Tak lain adalah negeri yang diberikan anugerah khusus tentang sumber daya alam yang begitu melimpah. Sebuah amanah penting apabila kita dapat mengolah itu semua, serta menjaganya untuk generasi cucu kita kelak. Betapa tidak, ratusan tahun lebih bangsa ini dijajah oleh bangsa lain ketika segala sumber daya alam sebagiannya terkuras. Namun kita masih diberikan kesempatan dengan mengolah serta menjaga sumber daya alam yang masih ada sekarang. Rempah-rempah, sayuran, buah-buahan maupun sumber daya yang lainnya masih menjadi simbol bangsa kita mengenai negara yang kaya akan sumber daya alamnya.

Sama hal nya mengenai pola utama dalam menjaga kondisi tubuh. Tubuh kita diberikan kelebihan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa tentang sistem imunitas tubuh yang mana tubuh kita sendiri dapat menghasilkan imunnya sendiri. Daripada hal itu, faktor lain pun dapat mempengaruhi kondisi imunitas misalnya pola makanan, istirahat yang teratur, aktifitas yang terjadwal tidak berlebihan, olahraga yang teratur. Faktor yang paling utama ialah pola makanan yang sering kita makan tiap hari. Kandungan dari makanan yang kita serap menentukan juga kondisi kekebalan tubuh.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata imunitas berasal dari kata imu-ni-tas/n atau keimunan yang berarti kekebalan, tan menggambarkan keadaan tumbuhan inang yang bebas dari serangan dan kerusakan yang disebabkan oleh penyakit (parasit). Seperti yang sekarang kita alami bahwasanya wabah virus corona cenderung lebih menyerang terhadap kondisi imunitas tubuh kita, virus yang cenderung menginfeksi saluran pernafasan dan gejala yang timbul dari pada pasien covid-19 meliputi demam tinggi, batuk, sesak nafas yang sama persis gejala yang ditimbulkan mirip gejala penyakit flu.

Kondisi kekebalan tubuh yang tidak seimbang dapat cenderung lebih dominan terserang virus ataupun penyakit tersebut. Apalagi asupan gizi dari makanan yang kurang sesuai, vitamin yang tidak tercukupi, suplemen tubuh yang tidak teratur dapat mengganggu sistem tubuh tidak berfungsi secara normal maupun maksimal. Bagi kita yang lebih banyak melakukan aktifitas tentu saja dapat mengganggu serta dapat cepat terkena virus maupun bakteri serupa batuk, pilek, peradangan maupun gejala-gejala penyakit lainnya.

Tuhan menyuruh kita untuk senantiasa berusaha, sebagai antisipasi menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya mengkonsumsi makanan yang bergizi, makanan yang bergizi tak sepenuhnya haruslah mahal ataupun sulit dicari. Dengan sumber daya alam yang kita miliki, yang terkadang kita lupa makanan tersebut terdapat di pelataran rumah kita. Sebagai contoh bayam. Bayam bukan hanya karena kaya akan vitamin C, tetapi juga dikemas dengan banyak antioksidan dan beta karoten, yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi sistem kekebalan tubuh kita. Bayam adalah menu makanan yang paling sehat dan murah, jika dimasak secepat mungkin sehingga bisa mempertahankan nutrisi.

Mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Bayam juga mengandung banyak serat dan antioksidan serta mengandung sedikit kalori dan lemak. Sayuran ini pun memiliki banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Vitamin yang banyak terdapat pada bayam yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E. Hal senada disampaikan oleh dr. Kevin Adrian sumber www.alodokter.com.

Mengonsumsi bayam dapat membantu hal-hal berikut ini:

  • Mengurangi radang : Kandungan antioksidan yang tinggi pada bayam membantu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan. Pada penyakit seperti rheumatoid arthritis atau rematik, peradangan merupakan penyebab munculnya nyeri pada sendi.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh : Bayam tinggi akan kandungan vitamin A, C, dan folat, serta magnesium. Yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
  • Mencegah anemia : Bayam merupakan salah satu sumber asupan zat besi yang baik. Namun, bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi ketika dikonsumsi. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.
  • Menjaga agar mata tetap sehat : Kandungan karotenoid yang ditemukan pada bayam, seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, mampu melindungi Anda terhadap penyakit penglihatan terkait usia, misalnya rabun senja dan degenerasi makula.
  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular : Salah satu manfaat bayam adalah menurunkan risiko menderita penyakit kardiovaskular. Hal ini karena bayam kaya akan serat dan mineral yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.
  • Mengurangi risiko terkena kanker : Kandungan lutein, karotenoid, dan zeaxanthin yang tinggi pada bayam, mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh Anda. Sering mengonsumsi bayam, juga meminimalkan risiko munculya berbagai jenis kanker.
  • Menjaga kesehatan kulit : Bayam kaya akan kandungan antioksidan, sehingga sangat baik untuk perlindungan kulit.

Walaupun banyak sekali manfaat yang berasal dari sayur bayam, kita juga jangan pernah lalai dalam menjaga kondisi tubuh seperti olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, senantiasa terus berdo’a kepada Tuhan YME agar selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. (Red/Gdy)