Kontroversi Bebas Pustaka

Madani-News.com – Kota Metro – Membeli buku sebagai syarat pembuatan surat bebas pustaka, sebaiknya tidak harus ditentukan di toko buku mana mahasiswa bisa membelinya.

Dengan tidak menentukan tempat pembelian buku sebagai syarat bebas pustaka, mahasiswa bisa lebih leluasa dalam membeli buku tersebut. Atau, barangkali dengan tidak menentukan lokasi pembelian buku syarat pembuatan bebas pustaka, mahasiswa akan lebih bisa melakukan perbandingan harga.

Perpustakaan Kampus IAIN Metro, kerap menerapkan regulasi pembuatan surat bebas pustaka dengan syarat mahasiswa yang hendak membuat menyerahkan buku yang toko buku tempat pembeliannya sudah ditentukan oleh pihak perpustakaan.

Sebetulnya tidak ada permasalahan dengan toko buku yang sudah ditentukan tersebut. Namun, hal ini berpotensi menimbulkan permasalahan. Masalah paling kecil adalah sekelumit tanda tanya yang mampir ke pikiran, sebagian kecil atau besar mahasiswa-bahwa kenapa harus diarahkan untuk membeli di toko tersebut? Permasalah kedua adalah ketika persediaan buku yang diminta di toko tersebut habis, maka mahasiswa akan lebih kelabakan, sedangkan mahasiswa juga diburu waktu segera melengkapi berkas pendaftaran munaqosyah.

Isu yang beredar, bahwa toko buku yang ditunjuk sebagai tempat pembelian buku syarat bebas pustaka jangan-jangan dijual di atas harga rata-rata. Toko yang ditunjuk dengan sengaja menaikkan harga buku hingga beberapa persen lebih mahal dari toko-toko buku yang lainnya tidak ditunjuk pihak perpustakaan IAIN Metro. Namun, ini tentu masih menjadi isu yang belum terbukti secara empirik.

Mahasiswa yang membeli buku syarat bebas pustaka di luar toko yang sudah ditentukan, mahasiswa tersebut akan ditegur, meskipun secara esensial kualifikasi buku yang dibeli itu sama.

Perlu diperhatikan untuk teman-teman Mahasiswa yang hendak membuat surat bebas pustaka, bahwasanya tidak harus belanja di toko-toko yang sudah ditentukan oleh pihak perpustakaan. Temen-temen mahasiswa bebas memilih toko buku di manapun, bahkan beli via online sekalipun asalkan dengan kualifikasi buku yang sama. Dengan begitu, selain praktis dan memudahkan, siapa tau teman-teman mahasiswa bisa melakukan perbandingan harga dari toko ke toko. (Red/Wepo)