Kota Metro Coba Bentuk kelurahan Sadar Hukum Di Bumi Sai Wawai

Madani-news.com – Kota Metro – Pemerintah Kota Metro coba optimalkan perealisasian kelurahan sadar hukum 2019, dengan mengadakan sosialisasi dan pembinaan tentang kelurahan sadar hukum. Kamis, (27/06/2019). Sosialisasi dan pembinaan kelurahan sadar hukum tersebut berlangsung di OR Setda Kota Metro.

Pada kesempatan kali ini, sosialisasi dan pembinaan kelurahan sadar hukum 2019 dipimpin oleh Asisten I Ridhwan dan diikuti oleh camat dan lurah se-Kota Metro, para narasumber dan kelompok sadar hukum mahasiswa.

Dalam sambutan Asisten I Ridhwan menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini. “Dengan harapan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran kita semua khususnya terhadap pelaksanaan Undang-undang. Serta pentingnya kesadaran dan kepatuhan hukum dalam konteks berbangsa dan bernegara, demi tegaknya supremasi hukum di Bumi Sai Wawai yang kita cintai,” ungkapnya.

Ridhwan juga menjelaskan bahwa sosialisasi ini merupakan tata cara pembentukan dan pembinaan kelurahan sadar hukum di setiap wilayah, dengan menggunakan indeks keluarga sadar hukum untuk menentukan yang akan memperoleh predikat sebagai kelurahan sadar hukum.

Dilansir dari metrokota.go.id, Ridhwan juga menyampaikan “Oleh karena itu, Pemerintah berupaya untuk melaksanakan program pembentukan dan pembinaan Kelurahan Sadar Hukum, yang merupakan wadah guna menghimpun anggota masyarakat yang sadar hukum. Selanjutnya Kelurahan Sadar Hukum perlu terus meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, khususnya agar dapat lebih mengetahui, memahami dan menaati setiap peraturan hukum yang berlaku,” harap Ridhwan.

Diakhir, Ridhwan berpesan kepada seluruh peserta untuk bisa mengikuti, memahami dan mengerti tentang sosialisasi dan pembinaan kelurahan sadar hukum. Agar dapat tercipta warga negara yang sadar hukum, sehingga dapay cepat diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (Adv/Wepo/Kominfo).