Kota, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat

Madani-News.com – Kota Metro – Hari ke-4 Refleksi Akhir Tahun Payungi tahun 2019 menghadirkan Wakil Walikota Metro, Hi. Djohan, Wakil Ketua DPRD Kota Metro A. Khuseini dan dr. Wahdi sebagai Bakal Calon Walikota Metro. Jum’at, (27/12/2019).

Refleksi Akhir Tahun hari ke-4 ini membahas mengenai Kota, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Berkaitan dengan pemberdayaan, Khuseini mengatakan “Sehebat apapun kita, kalau kita tunggal sendirian, nggak bakal jadi hebat, butuh partisipasi yang lainnya. Kalau kita punya program, harus berkelanjutan. Harus ada kemandirian, jangan ada ketergantungan dengan bantuan-bantuan.”

Selanjutnya dr. Wahdia soal pendidikan mengatakan “Saat ini kita belum bisa melihat sejauh mana kota pendidikan. Kota harus punya karakter pendidikan sendiri. Dalam bidang pemberdayaan, pemerintah harusnya bersifat mengajak, bukan menciptakan. Pemerintah harusnya menanyakan kepada masyarakat tentang apa yang diinginkan.”

Dilanjut dengan Hi. Djohan, mengatakan “Metro ini adalah kumpulan masyarakat, tidak ada orang Lampung Metro asli. Yang terpenting, adalah bagaimana kita bersama-sama berperan untuk membangun. Metro ini sekarang Kota juga belum, kabupaten sudah lewat. Kalau benar ingin menjadi benar2 kota, maka kesadaran masyarakatnya harus dibangun, untuk bersama-sama membangun metro. Masyarakat harus sadar bahwa Metro Ini sudah kota. Jangan malah dipasang Lampu, Lampunya pecah.”

“Metro ini harus jadi kota pembelajaran, tidak harus banyak sekolah, buat apa banyak sekolah tapi sekolahnya banyak yang kosong.” Lanjut Hi. Djohan. (Red)