KPRI Saptawa Provinsi Lampung Gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2019

Bandar Lampung – Dewan Pembina KPRI Saptawa, Chusnunia, memimpin Rapat Anggota Tahunan KPRI Saptawa Provinsi Lampung didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto selaku Ketua Dewan Penasehat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Saptawa Provinsi Lampung Tahun Buku 2019, bertempat di Gedung Pusiban Pemerintah Provinsi Lampung, Rabu (22/07/2020).

Rapat Anggota Tahunan kali ini dihadiri pula oleh Dewan Penasehat, Kepala Dinas Koperasi UKM, Kepala BKD, perwakilan anggota dari OPD Provinsi Lampung serta undangan yang telah ditentukan.

Dalam laporannya, Ketua Pengurus KPRI Saptawa Provinsi Lampung, Ediyanto, menyampaikan bahwa RAT adalah bentuk pertanggungjawaban kepengurusan kepada anggota dan sekaligus menetapkan kepengurusan yang akan datang serta penetapan program kerja tahun 2020.

“Semestinya RAT ini diselenggarakan pada bulan Maret 2020, namun karena adanya Pandemi Covid-19, maka baru dapat terlaksana pada hari ini,” ungkap Ediyanto.

Sejak didirikan 52 tahun yang lalu, sampai saat ini KPRI Saptawa dan telah telah memberangkatkan 147 anggotanya untuk menunaikan ibadah dengan rincian 57 ibadah haji dan 90 ibadah umroh.

Disamping usaha simpan pinjam, KPRI Saptawa juga menyediakan tanah kavling yang dapat dimiliki oleh anggota.

Diungkapkan Ediyanto, bahwa KPRI Saptawa sebagai Badan Usaha merupakan pembayar pajak yang cukup besar untuk ukuran koperasi, yaitu sebesar 396 juta pada tahun 2019.

Di masa yang akan datang, KPRI Saptawa akan mengembangkan usaha di bidang pelayanan pembayaran, seperti telepon, listrik, dan lain – lain.

Beasiswa pendidikan juga akan diberikan kepada putra-putri anggota dengan persyaratan memiliki nilai yang baik.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dan akan terus dilakukan yaitu berupa pemberian bantuan kesehatan, bantuan uang duka, Idul Fitri, kegiatan sunatan massal, dan kegiatan sosial lainnya.

Ediyanto juga mengucapkan terimakasih kepada kepengurusan yang telah bekerja selama 3 tahun dan telah menunjukan kinerja yang baik yang dibuktikan dengan perolehan laba sebesar 1,7 Milyar di tahun 2019.

Wakil Gubernur Lampung dalam arahannya mengatakan bahwa kinerja yang ditunjukkan oleh pengurus koperasi yang sangat baik telah dapat membuat perubahan signifikan dalam membantu kesejahteraan Pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

“Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada jajaran kepengurusan KPRI Saptawa yang telah menunjukan kinerja yang baik sehingga Koperasi membawa perubahan yang signifikan bagi kesejahteraan anggotanya dan sekaligus memberikan manfaat yang nyata,” ungkap Chusnunia.

KPRI Saptawa merupakan badan usaha yang sehat, tidak ada pinjaman di Bank, sehingga dipastikan bahwa KPRI Saptawa merupakan badan usaha yang sehat dan mandiri.

Dalam Rapat Anggota Tahunan ini dilaksanakan 3 agenda pokok, yaitu laporan hasil pelaksanaan program 2019, menyusun program dan rencana kerja 2020 dan mengesahkan kepengurusan periode 2020-2022.

KPRI Saptawa sebagai salah satu roda penggerak ekonomi di daerah diharapkan dapat ditingkatkan pengelolaan dan kinerjanya yang selama ini sudah baik untuk turut serta mewujudkan Lampung Berjaya.

“Saya berharap dengan RAT ini menjadi momen kebangkitan Koperasi di Provinsi Lampung untuk membantu masyarakat dapat keluar dari jerat hutang. Dengan pengelolaan koperasi yang sehat dan transparan diharapkan dapat membantu secara nyata kepada seluruh anggota dan sekaligus menjadi contoh bagi pengelolaan koperasi di Provinsi Lampung dan sekaligus memberikan dampak positif bagi koperasi-koperasi lainnya,” ujar Chusnunia.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur juga melakukan pengundian untuk calon jemaah umroh dan pemenang hadiah untuk anggota.

Pengundian untuk anggota yang akan diberangkatkan Umroh sebanyak 15 orang dan pengundian hadiah untuk anggota berupa sebuah Motor, Kulkas, Televisi dan Dispenser. (*)