Kreativitas di Era Industri 4.0 yang Terus Berkembang Dalam Dinamika Kehidupan

Madani-News.com – Kehidupan terus begulir secara dinamis. Perubahan-perubahan yang terjadi banyak melahirkan hal-hal baru, seperti era industri 4.0, era ekonomi biru, era digital dan lain sebagainya. Lahirnya hal-hal baru inilah kemudian menyakinkan kita bahwa kreativitas punya peran penting dalam mempengaruhi dinamika kehidupan.

Kreativitas yang lahir dari ide dan gagasan manusia seolah tidak pernah ada habisnya. Adanya masalah maupun peluang telah memberikan stimulus pada kreativitas untuk terus tumbuh dan berkembang. Contohnya, saat ini banyak lahir obyek-obyek wisata baru sebagai jawaban atas permasalahan ekonomi dan lingkungan. Kemudian, adanya pengembangan ekonomi kreatif sebagai upaya untuk mengambil peluang besar dari hadirnya era industri 4.0.

Namun, di sisi lain perubahan yang terjadi sangat pesat kini nyatanya tidak bisa diikuti oleh semua orang. Tidak sedikit yang minus kreativitas dan mereka hanya mampu menjadi penonton (konsumen). Seperti munculnya digitalisasi yang terus mendorong terjadinya disruption. Akibatnya bagi yang tidak bisa cepat beradaptasi maka harus siap-siap tertinggal. Oleh sebab itu, untuk meminimalisir dampak ini, kita harus saling memberikan dukungan dan mulai membangun jejaring (kolaborasi) agar kreativitas dapat saling menyapa dan ditumbuhkan bersama.

Kita harus terus belajar dan bergerak jika tidak ingin menjadi penonton. Kreativitas mesti dipupuk dengan melakukan upskilling dan reskilling sebagai upaya untuk terus menghidupkan kepekaan kita terhadap perubahan yang ada. Di samping terus membangun jejaring, memperbanyak pengalaman dan gerakan. Sehingga, dunia yang sangat dinamis ini dapat kita imbangi dengan kreativitas yang terus tumbuh dan terus menciptakan peluang-peluang baru yang membuat kita tetap survive.

Penulis : Mustika Edi Santosa (Sekjend GenPI Lampung)