Lacakuy : Latihan Baca Kuy Sebuah Program Baca untuk Anak SD di Masa Pandemi Covid-19

Karawang, Jawa barat – Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta melaksanakan KKN secara daring yang dibimbing oleh salah satu Dosen pembimbing Bu Dr. Hafiziani Eka Putri, M.Pd. Salah satu proker yang dilaksanakan yaitu Kegiatan “Lacakuy” yang berarti Latihan membaca kuy. Proker ini bertujuan membantu guru menghadapi siswa kesulitan dalam membaca.

Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Curug 2, Karawang, Jawa barat. Berdasarkan hasil wawancara dengan Guru kelas 1 di SD tersebut, Lilih Nurlaela, S.Pd. Beliau berkata bahwa Siswa Kelas 1 perlu latihan agar mereka bisa membaca secara lancar, namun untuk pembelajaran daring ini membutuhkan pelatihan yang ekstra.

Proker “Lacakuy” dilakukan setiap 2 hari sekali. Siswa akan diberikan foto sebuah teks baik itu panjang atau pendek. Teks tersebut akan dikirimkan ke group wa orang tua siswa. Siswa diminta untuk membaca nyaring teks tersebut. Hasil bacaan siswa akan dikirimkan oleh orang tua siswa dalam bentuk video atau voice note ke group wa orang tua siswa bersama guru. Guru memberikan penilaian terhadap bacaan siswa. Proker Lacakuy ini diadakan selain untuk memperlancar cara membaca siswa yaitu untuk melatih siswa agar senang membaca. Berikut ini adalah contoh teks dan pelaksanaan proker lacakuy.

Proker lacakuy ini terbukti membuat siswa senang membaca dan orang tua merasa terbantu dalam mengajarkan anak membaca lancar. Berikut petikan wawancara dengan orang tua siswa dan siswa. Menurut salah satu orang tua berkata bahwa kegiatan ini membuat putranya memiliki semangat membaca. bahkan menurut salah satu siswa yang bernama Dini, kegiatan ini membuat ia tidak lupa akan pembelajaran.

Untuk itu proker lacakuy ini bisa dijadikan alternatif pembelajaran yang dapat membantu guru dan orang tua untuk mengajarkan siswa senang dan lancar membaca.

Penulis : Dwinda Khestiandiny
Pembimbing : Dr. Hafiziani Eka Putri, M.Pd.