Lewat KKN PPD, Mahasiswi UPI Purwakarta Laksanakan Kegiatan Pendampingan Pembelajaran Online di TK Sekarwangi

Madani-News.com – KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang dilaksanakan oleh UPI (Universitas Penididikan Indonesia) di tahun 2020 ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, hal ini disebabkan karena pandemi Covid-19 sehingga KKN Tematik dilaksanakan secara daring di daerah tempat tinggal dengan jumlah sasaran program kegiatan yang telah ditentukan oleh pihak LPPM UPI.

KKNTematik ini sebagai salah satu kontribusi dalam Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19. Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (KKN Tematik PPD COVID-19) ini bertemakan “Edukasi Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19”.

KKN Tematik PPD Covid-19 memiliki beberapa program yaitu, Program edukasi penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan, program edukasi pencegahan covid-19, dan program edukasi penanggulagan dampak covid-19 di bidang ekonomi. Dalam program edukasi penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan, terdapat beberapa kegiatan yang dapat dilakukan salah satunya yaitu pendampingan pembelajaran daring siswa di TK Sekarwangi Desa Tegalwangi Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Tujuan dari adanya kegiatan pendampingan pembelajaran daring siswa ini yaitu untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran daring, membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran daring, dan membantu membuat pembelajaran daring tidak membosankan dengan adanya media yang dapat menarik perhatian anak. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari hari 17 November 2020 hingga 17 Desember 2020.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Ayu Vita Tri Rezeki mahasiswi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta, yang dibimbing oleh Bapak Syifaul Fuada, S.Pd., M.T. Saya bersyukur dapat dibimibing oleh beliau yang sabar dan selalu optimis serta selalu mendorong saya dan teman-teman kelompok 8 untuk tetap semangat dalam melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Kegiatan pendampingan pembelajaran daring siswa dilaksanakan sebagai salah satu kegiatan dari program edukasi penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan. Pelaksanaan program kegiatan ini dilakukan secara daring, sebelum melakukan pendampingan pembelajaran daring siswa ini perlu melakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah dan Guru Kelompok A untuk perizinan dan merumuskan rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pendampingan pembelajaran daring siswa, seperti materi yang akan diambil, media dan strategi yang akan digunakan dalam pendampingan pembelajaran daring siswa serta mengidentifikasi siswa yang akan menjadi sasaran dalam program kegiatan pendampingan pembelajaran daring siswa.

Kegiatan pendampingan pembelajaran daring siswa kelompok A ini telah dimulai pada tanggal 18 November 2020. Pada hari pertama siswa kelompok A belajar mengenal hewan peliharaan yang telah dijelaskan dalam video. Siswa menyimak video yang telah diberikan kemudian meriview isi dalam video tersebut, hasilnya siswa dapat menyebutkan nama-nama hewan peliharaan dan makanan yang biasa dimakan oleh hewan peliharaan yang telah anak sebutkan. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari orang tua siswa dan kepala sekolah TK Sekarwangi yaitu Ibu Umami, S,Pd, AUD,. Beliau berkata “bahwa kegiatan ini sangat bagus sehingga dapat membantu siswa dalam belajar dan menambah wawasan siswa”.

Harapannya kegiatan ini akan dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta dapat membawa manfaat positif bagi pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. (RED/AVTR)