Mahasiswa IAIN Metro Penting Belajar Pemberdayaan Masyarakat

Madani-News.com – Kota Metro – Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Metro adakah pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di GSG IAIN Metro. Diikuti oleh 220 mahasiswa ekonomi syariah menghadirkan dua pemateri Taufik Rinaldi dan Linda Ayu Citra Penggiat Pemberdayaan Masyarakat dan Kewirausahaan Sosial.

Taufik Rinaldi penggiat pemberdayaan masyarakat juga alumnus Pascasarjana sosiologi Univeristas Indonesia mengajak mahasiswa untuk belajar banyak tentang pemberdayaan masyarakat. “PPL ini penting bagi kita semua untuk belajar banyak di masyarakat. Apalagi ada banyak yang PPL di tempat-tempat usaha masyarakat. Selama ini kalian di BMT kurang mendapatkan pengalaman yang dinamis.” jelas Taufik.

“Di kampus tidak semua kita pelajari. Maka belajar pemberdayaan masyarakat adalah cara kita mengenal kembali asal muasal kita sebagai bagian dari masyarakat. Bagaimana membangun komunitas berdaya. Berdaya berarti memiliki kedaulatan atau kemandirian.” pungkas Taufik yang pernah bekerja di World Bank. (*)