Mahasiswa KKNT UPI Purwakarta Mensosialisasikan Cara Pencegahan Covid-19 Melalui Video “Edukasi Animasi Melalui Aplikasi Powtoon”

Jakarta – Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta sedang melaksanakan KKN Tematik Covid-19. Begitu banyak dampak yang dirasakan akibat adanya wabah Covid-19 termasuk di bidang pendidikan. Sehingga menyebabkan semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. KKN Tematik gelombang II dilaksanakan pada tanggal 17 November – 17 Desember 2020. KKN kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, KKN tahun ini dilaksanakan secara individu di lingkungan rumah masing-masing. Dalam KKN gelombang II pelaksanaannya dilakukan secara daring atau online. Salah satu mahasiswa KKN-T PPD UPI Purwakarta yaitu “Ni’mah Rahayu” melakukan program penanggulangan dan pencegahan Covid-19 dibawah bimbingan Jojor Renta Maranatha, M.Pd. selaku dosen pembimbing lapangan.

Hal yang paling umum dilakukan dalam KKN Tematik adalah memberikan edukasi pencegahan dan penanggulangan Covid-19 kepada siswa. Sesuai dengan peraturan pemerintah yang mengharuskan belajar dari rumah. Program Sosialisasi pencegahan peyebaran Covid-19 dilaksanakan dengan pembuatan video edukasi. Video dengan judul Edukasi Animasi Pencegahan Covid-19 Melalui Aplikasi Powtoon ini dapat dilihat di channel youtube KKN UPI KAMPUS PURWAKARTA KEL6 dengan link “https://youtu.be/utEt-Q_PpXY” agar tidak hanya Anak di SDN 02 Ujung Menteng, Kec Cakung, Jakarta Timur saja yang dapat melihat namun masyarakat luas juga bisa melihat video edukasi tersebut.

Aplikasi powtoon adalah sebuah media pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembuatan video animasi. Aplikasi video animasi powtoon ini terbilang sederhana dan tidak rumit. Penggunaan dari aplikasi powtoon ini cukup mudah dan fitur-fitur animasinya pun menarik. Hal ini dapat meningkatkan minat siswa untuk menonton karena tampilan animasi yang ditampilkan seperti kartun dua dimensi.
Dalam rangka kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) ini, mahasiswa membagikan video edukasi pecegahan covid-19 ini di WhatsApp Group orang tua dan siswa pada 30 November 2020. Video edukasi animasi pencegahan Covid-19 melalui aplikasi powtoon berisikan edukasi tentang kegiatan sehari-hari seperti memakai masker ketika keluar rumah, selalu membawa handsanitizer jika hendak keluar rumah guna mengurangi penularan Covid-19.

Selain itu, di dalam video edukasi terdapat upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imun seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi juga berolahraga dirumah. “Semoga dengan adanya video Edukasi animasi pencegahan Covid-19 melalui aplikasi powtoon, siswa SD dan masyarakat dapat mengedukasi diri, keluarga serta masyarakat demi membantu penurunan angka penyebaran Covid-19” Ujar Ni’mah Rahayu. (*)