Mahasiswa UNDIP Ciptakan Wastafel Portable dari Paralon Tanpa di Sentuh Tangan, Cukup di Injak Keluar Air dan Sabun

Lampung Tengah – (06/08/20) Mahasiswa KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO (UNDIP) 2020 diterjunkan untuk melakukan pengabdian masyarakat di kampung masing-masing pada tanggal 5 Juli 2020 – 15 Agustus 2020. KKN kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, KKN tahun ini dilaksanakan dikampung halaman masing-masing mahasiswa.Kegiatan dilakukan secara individu dikarenakan adanya Pandemi COVID-19. Salah satu desa yang menjadi tempat dilaksanakannya KKN ialah Desa Terbanggi Mulya, Kecamatan Bandar Mataram, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

Adanya pandemik Covid-19 mengakibatkan masyarakat harus menerapkan hidup sehat guna mencegah atau memutus rantai penularan Covid-19 yang sedang melanda di Indonesia. Pemerintah sudah menerapkan pola hidup sehat seperti memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan setiap hari. Tetapi masih banyak masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan salah satunya adalah cuci tangan sebelum masuk bertamu ke rumah.

Salah satu program yang dilakukan di Kelurahan Terbanggi Mulya, Kabupaten Lampung Tengah, yaitu membuat alat Wastafel Injak Portable dari paralon. Dengan adanya alat ini tidak perlu lagi memegang kran air saat akan mencuci tangan, cukup diinjak pedal keluar air dan keluar sabun. Program ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Terbanggi Mulya membuat Wastafel Injak Portable dari paralon untuk ditempatkan di rumah masing-masing. Hal ini untuk membantu pencegahan penularan Covid-19 dan dapat diterapkan seturusnya untuk hidup yang lebih sehat.

Kemudian telah dilakukan penyerahan alat Wastafel Injak Portable ke Balai Desa yang diwakili oleh Sekretaris Desa (Bapak Azis) dan Kepala Dusun 5 (Bapak Slamet) untuk di letakan di depan Balai Kampung Terbanggi Mulya. Dengan adanya program ini diharapkan masyarakat Terbanggi Mulya dapat membuat alat masing-masing untuk dirumah dan diterapkan seterusnya.

(Penulis : Dani Dwi Yanto FSM UNDIP

(Dosen Pembimbing : Fajrul Falah, S..Hum, M.Hum)