Mahasiswa UPI Purwakarta Kenalkan Kokoru Untuk Memulai Bisnis Crafting Semasa Pandemi

 8 total views

Karawang – Sejak munculnya Covid-19 yang merugikan banyak pihak, khususnya para pekerja formal maupun nonformal. Kementrian ketenaga kerjaan (Kemnaker) mencatat jumlah pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan akibat virus corona sampai 3,6 juta orang.

Program KKN UPI tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena wabah Covid-19 sehingga seluruh kegiatan dilaksan secara daring.

Sebagai salah satu upaya dalam penanggulangan perekonomian akibat dampak Covid-19, kepada ibu rumah tangga, dan calon ibu rumah tangga untuk menambah kreativitas sekaligus menghasilkan nilai ekonomis dengan kokoru ini.

Untuk mengisi hal tersebut, salah satu mahasiswa dari jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) UPI Kampus Purwakarta membuat suatu video tentang DIY Kokoru. Kegiatan ini merupakan salah satu dari serangkaian KKN Mahasiswa tematik UPI yang dilaksanakan tanggal 17 November 2020 sampai dengan 17 Desmber 2020. Asyifa Lu’lu Qur’aeni, mahasiswa ini tergabung dalam kelomppok 8 yang di bimbing oleh Bapak Syifaul Fuada, S.Pd., M.T.

Kokoru merupakan jenis kertas asli Indonesia, kertas bergelombang berwarna atau color corrugated paper itu bisa menjadi produk yang unik. Karena memiliki berbagai warna yang menarik, ringan, mudah dipotong serta dibentuk. Sehingga bisa di kreasikan menjadi berbagai macam produk seperti boneka hewan, tumbuhan, hiasan, maupun pernak pernik hiasan lainnya, dan hasilnya akan membentuk dua atau tiga dimensi.

Selain itu kokoru ini bisa dimanfaatkan untuk perkembangan anak usia dini salah satunya adalah utuk mengembangkan kognitif, secara tidak langsung ketika melipat dan menggulung kokoru anak akan berpikir dan berimajinasi tentang apa yang diabentuk dengan kertas lurus, dan warna apa yang akan dipilih. Pengembangan imajinasi ini akan mengembangkan cara berpikir anak dalam pemecahan sebuah masalah. (Red/Asyifa Lulu)