Mahasiswa UPI Purwakarta Membantu Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Sekolah Dasar Dimasa Pandemi Covid-19

Penulis : Sita Hafsari Restu 

Madani-News.com – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sudah lebih dari sembilan bulan terakhir ini berdampak terhadap perubahan aktifitas belajar-mengajar. Begitu pula yang terjadi di Indonesia. Terhitung sejak bulan Maret 2020 aktifitas pembelajaran yang biasa secara luring kini harus berubah menjadi daring. Keputusan kebijakan pembelajaran daring yang dikeluarkan oleh Kemendikbudmerupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Dalam pembelajaran daring ini guru harus bisa merancang dan menjalankan pembelajaran agar siswa tetap bersemangat walau pembelajaran dilakukan tanpa tatap muka. Oleh karena itu sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, saya Sita Hafsari Restu mahasiswi semester 2 jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di UPI Kampus Purwakarta yang dibimbing oleh Ibu Fitri Nuraeni M.Pd., melaksanakan kegiatan KKN Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di bidang Pendidikan dan Ekonomi, berusaha membantu guru dalam membuat media pembelajaran.

Media pembelajaran daring tersebut dibuat dalam bentuk video. Dalam pembuatan video tersebut terlebih dahulu dubuat petama yang harus dilakukan adalah membuat powerpoint terlebih dahulu dibuat powerpoint slide. Powerpoint yang dibuat harus bisa menarik siswa seperti berwarna ceria atau ada gambar-gambar lucu. Untuk powerpoint yang menarik dan kreatif bisa mendownload template powerpoint secara gratis di laman slidesgo.com, disana terdapat banyak jenis template powerpoint yang menarik yang bisa kita pilih.

Setelah membuat powerpoint kemudian kita melakukan perekaman video pembelajaran. Powerpoint sudah selesai, video juga sudah selanjutnya screenshoot powerpoint secara landscape, dari slide pertama sampai akhir. Untuk edit video tersebut bisa menggunakan aplikasi Inshot. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di Playstore atau Appstore.

Untuk menggunakan aplikasi ini bisa ikuti langkah-langkah berikut, yang petama buka aplikasi inshot, kemudian klik video, lalu pilih semua video yang sudah kita rekam sebelumnya, lalu klik tanda centang. Setelah itu klik latar belakang, dan pilih screenshoot dari powerpoint sesuai dengan videonya. Setelah diberi latar belakang untuk semua video kemudian disimpan sesuai dengan ukuran yang diingkan. Dan sudah selesai, kita bisa upload di youtube atau di google drive. Saya sudah menggunakan media ini untuk pembelajaran dari dalam kegiatan KKN ini dan respon siswa cukup baik dan tertarik dengan media ini.

Harapan saya semoga media pembelajaran ini bisa digunakan oleh Bapak dan Ibu guru dalam proses pembelajaran daring dan siswa dapat tetap aktif dalam proses pembelajaran jarak jauh ini. (*)