Mahasiswa UPI Purwakata Sosialisasikan Pencegahan COVID-19 Kepada Masyarakat Desa Gunungtua Lewat KKN Tematik

 10 total views

Subang – Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta yang bernama Rifa Hasna Nisrina,Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, melaksanakan KKN Tematik dengan tema penanggulangan dampak Covid-19 dari kelompok 8 melakukan program wajib yaitu melaksanakan program pendidikan di Sekolah Dasar secara daring. Program ini ditujukan kepada masyarakat desa Gunungtua, kecamatan Cijambe, kabupaten Subang. Tujuan dari program KKN ini agar masyarakat khususnya siswa-siswa sekolah dasar tetap menjalankan proses belajar mengajar secara daring dan membantu guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

Pandemi covid-19 menyebabkan KKN Tematik ini dilaksanakan secara individu di desa masing-masing dengan tetap mematuhi SOP covid-19. Hal yang paling umum dilakukan di KKN Tematik ini adalah memberikan edukasi dan demontrasi seputar covid-19 kepada masyarakat sekitar. Sesuai dengan aturan covid-19 yaitu belajar mengajar dilakukan di rumah masing-masing, maka dari itu Mahasiswa KKN melakukan pengabdian kepada masyarakat secara daring atau online.

Telah melakukan progam wajib yaitu dengan memberikan media pembelajaran secara daring pada saat pembelajaran daring berlangsung di SDN Weningsari, kecamatan Cijambe, kabupaten Subang, Jawa Barat. Tidak hanya itu, edukasi dan demontrasi juga dilakukan secara online melalui media sosial.

Untuk program selanjutnya mahasiswa KKN dari kelompok 8 juga akan melakukan program pilihan yaitu membuat video 3M yang akan diberikan kepada masyarakat. Program ini diharapkan dapat menjadikan masyarakat menjadi sadar bahwa memakai masker, mencuci tangan memakai sabun, dan menjaga jarak dengan orang lain itu sangat penting untuk pencegahan covid-19. Pelaksanaan program KKN ini dibuat kemudian dishare ke grup WhatsApp warga desa Gunungtua.

Semua program yang dilakukan tersebut dibimbing oleh bapak Syifaul Fuada, S.Pd., M.T selaku dosen pembimbing lapangan. Kegiatan KKN Tematik Covid-19 ini berlangsung selama 30 hari terhitung sejak 17 November 2020 sampai 17 Desember 2020. (*)