Maraknya Berita Virus Corona, Pimpinan Umum GP Ansor Angkat Bicara

Jakarta – Sejak banyaknya pemberitaan media sosial (medsos) terkait virus Corona / Covid-19, Masyarakat Jakarta dan beberapa kota besar di seluruh Indonesia tampak melakukan rush (pembelian besar-besaran) sembako, masker dan hand sanitizer.

Menyikapi gejala tersebut, Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, H. Yaqut Cholil Qoumas menghimbau Kepada GP Ansor di Seluruh Indonesia dan sekitarnya tidak melakukan aksi serupa yang melibatkan orang banyak dan menunda kegiatan apapun.

“Kami melihat pemerintah sudah melakukan langkah-langkah cepat dan tepat dalam mengantisipasi virus Corona, jadi untuk masyakarat seluruh Indonesia tidak perlu lakukan rush sembako dan barang lainnya sebab hal tersebut akan merugikan keseluruhan masyarakat,” ujar Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor di Jakarta, Senin (16/3/2020).

Pimpinan Umum GP Ansor juga siap mendukung polisi dan aparat pemerintah untuk melakukan pengawasan di minimarket dan pasar agar warga tidak membeli barang secara berlebihan.

“Pimpinan Umum GP Ansor meminta pemerintah membatasi pembelian masker dan sembako serta menindak tegas pedagang yang menimbun masker dan menaikkan harganya di luar batas kewajaran,” ujarnya.

Menurut H. Yaqut Cholil Qoumas, masyarakat sebaiknya tetap bersikap tenang dan beraktivitas seperti biasa namun tetap waspada serta menjaga kebersihan dan kesehatan agar tidak tertular virus Corona.

“Kepada warga yang beragama Islam, Pimpinan Umum GP Ansor menyarankan agar memperbanyak bacaan shalawat Thibbul Qulub dan Qunut Nazilah sesuai himbauan PBNU,” tandasnya. (Red/Denovan)