Mas Fran Talkshow di TV Swasta Bicara Blak-blakan Alasannya Terjun ke Politik

Bandar Lampung – Calon Wakil Walikota Metro yang  berpasangan dengan Anna Morinda, Fritz Akhmad Nuzir (Mas Fran) menghadiri acara Talkshow yang di gelar televisi swasta, Radar TV dalam acara Pemimpin Pilihan Rakyat bertajuk ‘Dari Akademisi Menjadi Birokrat’, yang berlangsung di studio RadarTV, Bandar Lampung, Rabu (04/03/2020).

Dalam Talkshow tersebut, mas Fran menyampaikan, niatnya maju Pilkada 2020 berawal dari pengalaman, pengetahuan dan permasalahan yang ada, sehingga memotivasi dirinya untuk melakukan perubahan di kota Metro.

Ia menjelaskan, dari berbagai macam kajian, teori dan kebijakan yang diinisiasi non-pemerintahan, tanpa adanya seorang kepala daerah atau pemerintah yang mempunyai visi misi dan mindset yang sesuai dengan Kajian tersebut, maka kemungkinan perubahan pada sebuah kota akan sulit dicapai.

“Dari situ saya mulai tergugah untuk melakukan perubahan,” imbuhnya.

Menurutnya, kota metro adalah sebuah kota yang menarik. Pertama kota Metro terdiri dari beragam multikultur atau diwakili berbagai suku bangsa. Kedua hal paradok bertentangan yang lain adalah basis pertanian. Hal menarik lainnya adalah kota Metro terkenal sebagai visi kota pendidikan. Sejak awal, visi tersebut merupakan sebuah visi yang digagaskan tercapai tidak dalam waktu cepat tetapi butuh proses yang panjang.

“Bersama mba Anna Morinda, maka hal tersebut akan kita didorong dan dicapai pada zaman kami nanti,” ujarnya.

Baginya, untuk menyatukan sebuah ide dengan Anna Morinda, dibutuhkan proses yang cukup ideal dan panjang. Walaupun pada awalnya berbeda gagasan, melaui komunikasi pada akhirnya menemukan kesamaan ide besar Kemudian disatukan menjadi ide bersama.

Ditanya terkait konsep Metro Kita, mas Fran menerangkan, bahwa ide tersebut memiliki penjabaran yang luas yang secara umum singkatan ‘Metro’ adalah sebuah singkatan dari fokus-fokus pembangunan di kota Metro. Kalimat ‘Kita’ adalah sebuah cara yang bisa diterapkan, dengan Kerjasama, Inovasi dan Teknologi yang tepat guna serta adab

“gagasan tersebut akan diramu dan menjadi visi misi yang lebih baik lagi serta visioner bersama calon Wali Kota mbk Anna Morinda,” terangnya.

Sebagai seorang akademisi dan peneliti, Mas Fran optimis bahwa dengan konsep gagasannya tersebut, bisa diterima dan mendapat respon positif oleh masyarakat Metro.

“Gagasan itu muncul berdasarkan sebuah survei dan data. Untuk menyusun konsep Metro Kita, saya melihat dari beragam permasalahan yang timbul secara global, Kemudian bagaimana kita bertindak secara lokal,” pungkasnya. (*)