Melalui Jurnalistik, Dorong Sikap Kritis Pemuda Gunung Raya Lampung Timur

Lampung Timur – Pergerakan Pemuda Gunung Raya mengadakan pelatihan jurnalistik untuk meningkatkan litarasi dan melatih sikap kritis pemuda di Desa Gunung Raya, Kecamatan Marga Sekampung, Kabupaten Lampung Timur. Minggu, (12/06/2022).

Acara ini menghadirkan Rahmatul Ummah pegiat literasi dan Abdul Rohman Wahid ketua Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Provinsi Lampung juga pengelola media di Lampung sebagai pemateri serta dihadiri oleh pemuda Desa Gunung Raya. Acara ini bukan sekadar memperkenalkan jurnalistik kepada pemuda Gunung Raya, melainkan juga bermaksud sebagai pendampingan skill untuk meningkatkan literasi dan daya kritis pemuda.

“Semua itu berhak mendapatkan informasi, begitu juga semua berhak mempublikasi informasi, asal dengan memperhatikan kode etik jurnalistik dan mempertimbangkan rasa kemanusiaan” Ujar Rahmatul Umah di hadapan Pemuda Gunung Raya.

Sementara itu Abdul Rohman Wahid mengatakan “Sosial Media itu penting, sekarang jika kita punya ide, punya gagasan atau punya kritikan, tanpa adanya peran media sosial itu akan sulit untuk diketahui masyarakat, termasuk pemerintah. salah satu cara agar banyak pihak bisa melirik gagasan kita, ya dengan aktif di media sosial” Ujar Wahid.

Sebagai informasi, bahwasannya Agenda ini merupakan agenda yang lahir dari kesadaran Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Radin Inten Lampung yakni Hasanudin dan Rahmat untuk mau melakukan pengabdian terhadap masyarakat. (Red/Wepo)