Meningkatkan kompetensi awak kapal perikanan, PPN Karangantu gelar Bimtek SKPI

Serang, Banten– Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Karangantu melaksanakan Bimbingan Teknis Sertifikasi Keterampilan Penanganan Ikan (SKPI) tahun 2021, Untuk meningkatkan kompetensi dasar nelayan dalam menangani ikan dengan baik, di Balai Pertemuan Nelayan PPN Karangantu, pada Selasa (09/02/2021).

Elfando Mada Indranatan, Sub Koordinator Operasional Pelabuhan mengatakan,

“Alhamdulillah kegiatan bimtek ini bisa berjalan lancar, interaktif, dan tetap melaksanakan protokol kesehatan, Bimtek sertifikasi keterampilan ini dibuka oleh Sub Koordinator Kesyahbandaran PPN Karangantu Amirullah Sjahir dan dihadiri oleh 27 orang nelayan di Karangantu,” tutur Elfando.

Elfando juga menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakan Bimtek SKPI sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 7 Tahun 2019 tentang persyaratan dan tata cara penerbitan sertifikat Cara Penanganan Ikan yang Baik (CPIB).

“Tujuan dilaksanakanya kegiatan ini, dalam rangka meningkatkan kompetensi dasar nelayan, dalam melakukan penanganan ikan di atas kapal serta menunjang peningkatan penerapan cara penanganan ikan yang baik,” Ungkapnya.

“Semoga dengan Bimtek SKPI, para peserta akan lebih memahami dan menerapkan keterampilan penanganan ikan diatas kapal, sehingga hasil tangkapan nelayan bisa bermutu tinggi, mempunyai nilai jual yang bagus, dan berkualitas untuk ekspor” Tutupnya.

(Red-Rendi)