Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto Operasi Pasar di Bandar Lampung

Bandar Lampung – Gubernur Arinal Djunaidi mendampingi Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau pelaksanaan pasar murah sekaligus melakukan pengecekan harga sembako, di Pasar Kangkung, Bandar Lampung, Sabtu (12/2/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, bersama Gubernur Arinal mengunjungi  stand pasar murah dan mengecek harga-harga komoditi pangan pokok.

Suasana kegiatan berlangsung komunikatif, terjadi dialog Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, bersama masyarakat serta sejumlah warga yang tengah belanja di pasar tersebut.

Menteri Airlangga juga mendatangi toko sembako guna mengecek langsung ketersediaan dan harga minyak goreng. Pemilik toko sembako menyebutkan bahwa sudah 2 pekan ini, ketersediaan Minyak Goreng Curah kosong.¬† “Kata distributornya, lagi gak ada barangnya pak,” ujar pemilik toko sembako.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Arinal mengatakan akan mengecek langsung terkait ketersediaan dan kestabilan harga minyak goreng curah. “Nanti kita urus ya pak,” kata Gubernur kepada pemilik Toko Sembako.

Setelah mengecek operasi pasar murah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, kegiatan pasar murah yang didukung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Perusahaan Swasta Sungai Budi Group, Bulog, dan BUMN ini guna memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga bahan-bahan pokok bagi masyarakat.

“Tadi sudah kita cek harga beras baik. Kemudian harga gula dan daging juga baik,” kata Menteri Airlangga.

Terkait ketersediaan dan harga minyak goreng, khususnya minyak goreng curah, Menteri Airlangga mengatakan bahwa akan terus mendorong agar harga minyak goreng kembali normal.

“Tadi di toko yang di dalam, ada yang kesulitan untuk mendapatkan minyak goreng curah. Nanti kita cek terkait minyak goreng curah. Kita dorong supaya harganya kembali normal. Tapi minyak goreng non curahnya ada,” ujar Menteri Airlangga.

Beberapa komoditi yang disediakan di Pasar Murah dalam kegiatan tersebut diantaranya Minyak Goreng (tawon) 2 ltr 28000, Beras premium (beras kita) 47000/5 kg, Beras medium (beras kita) 42000/5 kg, Gula pasir (manis kita) 10rb/kg, Bawang merah 30000/kg, Bawang putih 20000/kg, Terigu tepung kita 8000/kg, Daging 90Cl 90000/kg, Daging 80Cl 80000/kg, Daging paha depan super 100000/kg, Daging paha belakang super 95000/kg. (Red/Adv)