Menko PMK: Arahan Presiden, Tingkatkan Penanganan Covid-19 dan Kurangi Libur Akhir Tahun

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menghadiri rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden membahas laporan Komite PC-PEN terkait persiapan pelaksanaan vaksin dan antisipasi libur panjang Desember 2020 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/11/2020).

Muhadjir mengatakan bahwa berdasarkan arahan presiden, upaya penanganan terhadap Covid-19 harus dapat terus ditingkatkan. Terutama, menjelang pilkada yang akan berlangsung kurang dari dua pekan lagi.

Adapun capaian-capaian positif dalam penanganan Covid-19 di Indonesia jika dibandingkan dunia, misalnya jumlah kasus saat ini 12,78% sementara dunia 28,41%. Angka kesembuhan mencapai 83,4% dibanding dunia 69,20%.

“Presiden meminta indikator ini dipertahankan dan diupayakan semakin baik. Pesan beliau agar Mendagri, Polri, serta seluruh jajarannya memberikan perhatian khusus pada masalah Pilkada yang akan berlangsung kurang dari dua minggu,” ujarnya saat konferensi pers usai ratas didampingi Menkes Terawan Agus Putranto, Ketua BNPB Doni Monardo, Kepala BPOM Peni Lukito.

Lebih lanjut, Menko PMK mengimbau Gubernur dan juga Pemda Kab/ Kota agar terus memperhatikan, melaksanakan keseimbangan antara penanganan Covid-19 dengan pemulihan ekonomi.

“Ini sangat penting agar Covid-19 bisa kita kendalikan, sementara ekonomi juga bisa pulih seperti sediakala,” tuturnya.

Sebagai penekanan, sebut Muhadjir, Presiden mengamanatkan agar betul-betul diupayakan hal-hal yang berkaitan dengan penciptaan lapangan kerja, membuka lapangan kerja, meningkatkan konsumsi rumah tangga melalui peningkatan kinerja dari UKM.

“Pemerintah harus mendorong terus terutama dari pemda,” ucap mantan Mendikbud tersebut.

Di satu sisi, berkaitan dengan masalah libur, cuti bersama akhir tahun, termasuk libur pengganti cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, Presiden mengarahkan untuk ada pengurangan.

“Beliau juga menginstruksikan supaya ada rapat koordinasi¬†antara Kemenko PMK dengan kementerian/lembaga terkait,” tandas Muhadjir.

Pada kesempatan tersebut, Menkes Terawan, Kepala BPOM, dan Kepala BNPB juga turut menyampaikan terkait persiapan pelaksanaan vaksin untuk menangani masalah Covid-19. (Red/Rls Humas Setkab)