Musrenbang di Pekalongan, Hi. Zaiful Bokhari Himbau Warga Laporkan Pelaku Pungli e-KTP

Madani-News.com – Lampung Timur – Memberi sambutan pada acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kecamatan Pekalongan tahun 2020, Bupati lampung timur (Lamtim) Hi. Zaiful Bukhari mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melaporkan apabila ada pungutan liar (Pungli) pada saat mengurus Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP dan Kartu Keluarga (KK), acara tersebut bertempat di balai desa Adiirejo, Pekalongan, Senin (03/02/2020).

Orang nomor satu di lampung timur ini menegaskan kepada masyarakat, pembuatan e-KTP tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi kalau ada petugas atau siapa pun yang memungut biaya dalam proses pembuatan e-KTP dan KK, itu berarti pungutan liar, segera mungkin laporkan, agar bisa saya tindak lanjuti.

“Pembuatan e-KTP dan KK itu gratis jadi bagi bapak atau ibuk jika ada petugas capil yang memungut biaya segera laporkan saya, agar bisa saya proses” tegasnya.

Ia mengatakan, jika ada petugas yang sengaja menghambat proses pembuatan e-KTP dan KK, bisa langsung laporkan juga. Saya langsung menindaklanjuti laporan bapak ibu sekalian.

“Kalau ada oknum yang sengaja menghambat proses pelayanan pembuatan KTP dan KK segera laporkan kepada saya. Sesegera mungkin akan saya tindak tegas,” ujarnya.

Zaiful beralasan calo atau pungli adalah penyakit, yang mana nanti akan mengganggu pelayanan prima Masyarakat.

“Karna calo atau pungli ini saya anggap sebagai penyakit yang dapat menggangu proses pelayanan terhadap masyarakat,” pungkasnya.

Bupati meminta kepada kadis Disdukcapil agar dinasnya bisa melayani masyarakat dengan sepenuh hati dan tanggung jawab tidak ada pungutan liar.

“Saya meminta kepada kepala dinas (Kadis) Disdukcapil agar bisa melayani masyarakat dengan baik dan prima tidak boleh ada pungutan-pungutan liar,” (*).