Nekat Curi Mobil Mantan Kapolda, Anak SMA Beraksi Sendirian

Tasikmalaya – Saat warga sedang sibuk mengikuti himbauan pemerintah terkait pandemi global dari wabah Virus Corona (Covid-19). Seorang siswa dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta yang ada di Kota Tasikmalaya, diduga melakukan pencurian kendaraan roda empat milik keluarga mantan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol (Purn) Anton Charliyan. Aksi nekatnya itu dilakukan sendirian setelah sebelumnya melakukam aksi yang serupa dengan melakukan pencurian kendaraan roda dua di wilayah Ciamis.

Kasus ini pun diungkap Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota seusai mendapatkan laporan kehilangan kendaraan dari para pemilik roda empat. Setelah melakukan penyelidikan, pelaku sebelumnya berhasil membawa mobil Toyota Yaris di wilayah Rajapolah di tempat pencucian mobil dengan menukar hasil pencurian motor saat beraksi di Ciamis, pelaku mengelabui pegawai pencuci mobil dengan menyebutkan status kepemilikan dari mobil tersebut. Kemudian pelaku menuju satu lokasi pencucian mobil di Jalan Mohammad Hatta, Kota Tasikmalaya, dan berhasil menukar curiannya dengan mobil Honda CRV milik mantan Kapolda Jabar.

Dilansir dari TribunPalu.com “Kronologi Siswa SMA Nekat Mencuri Mobil Mantan Kapolda Jawa Barat, Tukar dengan Motor Curian” Kepala Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota AKP Yusuf Ruhiman, kepada wartawan di kantornya, Senin (6/4/2020). “Betul, kita sudah menangkap pelaku pencurian dan penipuan anak di bawah umur berusia 16 tahun yang mencuri mobil keluarga mantan kapolda Jabar. Modusnya membohongi orang mengambil motor dan pergi ke pencucian mobil dan mengelabui pihak pemilik pencucian mengaku disuruh yang punya mobil untuk membawa kabur mobil”.

Aksi yang yang dilakukan anak SMA ini tergolong nekat, pelaku beralasan pencurian yang dilakukannya bermotif agar dikatakan hidup mewah sehingga dapat dipamerkan pada teman-temannya. Pelaku anak SMA kelas XI ini, kini dijerat Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun. (Red/Gdy)