Ngopi Bareng Walikota Terkait Penguatan Wawasan Kebangsaan di Lingkungan ASN Kota Metro

Kota Metro – Walikota Metro Wahdi menjadi narasumber dalam program acara NGOPI (Ngobrol Seputar Literasi) terkait Penguatan Wawasan Kebangsaan di Lingkungan ASN Kota Metro, yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusarda) Kota Metro bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Metro secara daring melalui Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube Pemerintah Kota Metro, Jumat (11/03/2022).

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan beberapa narasumber lainnya, diantaranya Dandim 0411/KM Letkol Inf. Sihono, dan Ken Setiawan Nll Crisis Center. Acara tersebut diikuti kurang lebih 100 ASN se-Kota Metro, dan membahas mengenai isu radikalisme, serta mengedukasi wawasan kebangsaan sebagai salah satu pondasi melawan radikalisme.

Dalam kesempatan ini, Wahdi mengajak untuk memahami bersama terkait kesepakatan empat pilar yakni Pancasila, Bhinneka, NKRI Harga Mati dan Undang-undang, mengenai konsep yang akan dilakukan kedepan untuk memberikan penguatan wawasan kebangsaan di lingkungan ASN agar memiliki cara pandang terhadap Kota Metro sesuai sumpah yang telah di mucapkan pada saat pertama kali menjadi aparatur sipil negara (ASN).

“Mari kita berupaya mengajak anak-anak muda penerus bangsa di Kota Metro dalam setiap kegiatan agar memiliki wawasan tentang penguatan kebangsaan, sehingga terbiasa akan perbedaan dengan tetap menanamkan pendidikan agama pada kesehariannya, guna menciptakan Generasi Emas Metro Cemerlang (Gemerlang) karena untuk mengawal Indonesia kedepan diperlukan penguatan wawasan semacam ini”, ucapnya.

Sementara itu Kepala Kesbangpol Kota Metro, Rosita, menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan kerjasama dengan BPIP melalui salah satu program yakni menciptakan Kelurahan Pancasila yang juga akan bekerjasama dengan TNI dengan melakukan komunikasi secara terus menerus sehingga ideologi Pancasila di Kota Metro dapat tertanam.

Adapun siaran ulang NGOPI bareng Walikota terkait Penguatan Wawasan Kebangsaan di Lingkungan ASN Kota Metro dapat dilihat kembali di Youtube Pemerintah Kota Metro. (Red/Adv)