Pasien Positif Covid-19 di Provinsi NTT Bertambah Lima Orang

NTT, Kupang – Pasien positif COVID-19 di Provinsi Nusa Tenggara Timur bertambah lima orang sehingga jumlahnya mencapai 76 orang dari sebelumnya 71 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikuus Minggu Mere di Kupang, Selasa, mengatakan lima pasien positif COVID-19 itu terdapat di Kota Kupang tiga orang yang merupakan transmisi lokal.

Sedangkan dua orang lainnya di Kabupaten Ende, Pulau Flores yang terpapar dari klaster Magetan.

Ia menjelaskan penambahan lima pasien positif COVID-19 itu berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dilakukan di Laboratorium Biologi Monekuler (PCR) RSUD) Prof Dr WZ Johannes Kupang, pada Senin (18/5/2020).

Sebelumnya di Kabupaten Ende, Pulau Flores terdapat empat pasien positif COVID-19 dari klaster Gowa, Sulawesi Selatan.

“Apabila sebelumnya empat pasien di Ende dari klaster Gowa namun kali ini dari klaster Magetan, sehingga di Kabupaten Ende ada dua klaster kasus positif COVID-19 yaitu dari klaster Gowa dan Magetan,” tegas Dominikus.

Sedangkan khusus tiga pasien positif COVID-19 dari Kota Kupang merupakan pasien yang berdasarkan penelusuran dilakukan Dinas Kesehatan kota Kupang pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia pada Selasa (12/5/2020).

“Tiga pasien positif COVID-19 ini sempat kontak erat dengan pasien psotif COVID-19 yang telah meninggal dunia,” kata Dominikus.

Ia mengatakan penambahan lima pasien positif COVID-19 itu maka jumlah kasus positif COVID-19 di Nusa Tenggara Timur telah mencapai 76 orang.

Dominikus menambahkan jumlah pasien positif COVID-19 yang sembuh di Nusa Tenggara Timur tercatat enam orang dan semuanya dari Kota Kupang, sedangkan pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia satu orang yang juga merupakan warga Kota Kupang.

Data-Data pasien positif COVID-19 di NTT:

  1. Kota Kupang 18 orang dan enam orang sembuh serta satu meninggal dunia.
  2. Kabupaten Manggarai Barat 12 orang
  3. Kabupaten Sikka 26 orang
  4. Kabupaten Ende 6 orang
  5. Kabupaten Flores Timur 1 orang
  6. Kabupaten Sumba Timur 7 orang
  7. Kabupaten Nagekeo 1 orang
  8. Kabupaten Manggara 1 orang
  9. Kabupaten Timor Tengah Selatan 2 orang
  10. Kabupaten Rote Ndao 2 orang.

(Red/Abdias/Rls)