Pelaksanaan KKNT UPI Purwakata Sebagai Salah Satu Bukti Nyata Dukungan Untuk Bangsa

Madani-News.com – Pada┬átahun ini KKNT UPI dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pada KKN tahun ini dilaksanakan secara daring sebagai bentuk dukungan pencegahan penyebaran Covid-19. KKN ini juga dilaksanakan secara individu, setiap Mahasiswa bebas menentukan tempat dimana mereka ingin melaksanakan KKN, seperti didaerah sendiri. KKN daring tahun ini memilih sasaran sendiri seperti masyarakat lingkungan sekitar,beberapa siswa,orang tua siswa dan guru.

Seperti Ghea Sandra P selaku mahasiswa semester 7 UPI Kampus Purwakarta dan salah satu anggota Kelompok 8 yang menjalankan KKN Tematik secara daring tahun ini dengan DPL Syifaul Fuada, S.Pd.,M.T , memiliki salah satu program yaitu Sosialisasi pencegahan Covid 19 menggunakan Media Poster dengan sasaran Siswa SDN Curug II (Komplek PJT II, RT 39 RW 07, Curug, Kec. Klari, Kab. Karawang Prov. Jawa Barat). Pelaksanaan KKN ini dimulai dari tanggal 17 November 2020 sampai dengan 17 Desember 2020 secara daring. Dilaksanakan secara daring,karena sesuai dengan instruksi dari LPPM(Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) UPI disampaikan saat sosialisasi I yang diikuti seluruh mahasiswa UPI tingkat akhir yang belum melaksakan KKN.

Program yang memiliki target selain siswa ada juga targetan lain yakni guru, orang tua siswa namun bisa juga di sebarluaskan oleh siswa, guru serta orang tua siswa ke grup masyarakat sekitar, grup sekolah. Poster ini disebar di WAG(WhatsApp Group)sebagai alat komunikasi yang dipakai untuk proses pembelajaran.

Diharapkan siswa dan guru untuk bisa menyebarkan tentang poster mengenai pencegahan covid 19 ini. Jika ini disebarkan secara luas tentunya akan berdampak baik bagi setiap insan yang membaca tentang pengetahuan ini, karena mereka tau apa yang harus mereka lakukan untuk pencegahan penyebaran covid 19. Media poster ini dijadikan media karena poster sangat menarik bagi setiap orang yang melihat terutama siswa sekolah dasar, hal itu disebabkan karena dalam poster tidak hanya tulisan melainkan ada gambar juga, ini menjadi daya tarik bagi siswa yang membaca. Harapannya setelah poster ini disebar luaskan sasaran utama yakni siswa bisa menjalankan dengan baik apa yang harus mereka lakukan seperti halnya mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker sebagai langkah utama pencegahan covid 19.

Tidak hanya berisi 3M tetapi poster juga dilengkapi dengan pengertian dari covid itu sendiri, makan makanan yang bergizi agar menangkal penyebaran covid 19. (Red/Ghea Sandra)