Pemerintah Kota Metro Ambil Alih Sementara Perbaikan Jalan Budi Utomo

Kota Metro – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), mulai memperbaiki Jalan Budi Utomo. Jalan ini merupakan jalur yang melintas di Kelurahan Margodadi, Kecamatan Metro Selatan, Senin Sore (10/1/2022).

Jalan Budi Utomo yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Lampung yang saat ini mulai diperbaiki oleh Pemkot setempat. Terlihat dari tumpukan material seperti batu belah, batu asbes dan batu split terlihat di sepanjang ruas jalan.

Berdasarkan keterangan para warga, kondisi jalan yang rusak kerap memakan korban kecelakaan lalu lintas. Yang terbaru, seorang pria mengalami patah tulang kaki akibat terjatuh saat melintasi jalan tersebut.

Sementara itu, Camat Metro Selatan Yulia Chandra Sari, mengatakan material batu belah dari Dinas PUTR Kota Metro, untuk penanganan kondisi darurat Jl. Budi Utomo. Dalam pengerjaan menggunakan Lapen (lapisan penetrasi).

“Berdasarkan keterangan dari Dinas PUTR, lapen materialnya terdiri dari batu belah/onderlah setelah itu dilapis dengan batu 3:5cm dan batu 1:2 kemudian dilapis screening dan di cor aspal cair. Pengerjaan ini untuk penanganan jalan sepanjang sekitar 250 meter,” katanya.

Tambahnya, Camat Metro Selatan juga melaporkan bahwa, dana pemeliharaan berasal dari dana APBD Kota Metro melalui Dinas PUTR. Terkait administrasi, pihak PUTR sudah berkoordinasi dengan PU Provinsi Lampung, terkait penanganan darurat Jalan Budi Utomo yang jadi kewenangan provinsi.

“Semoga dengan perbaikan jalan ini dapat memudahkan masyarakat dalam transportasi dan mengurangi kecelakaan. Semoga juga dapat mengurangi kemacetan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, masyarakat sekitar juga mengharapakan, pemerintah khususnya Pemerintah Provinsi segera melakukan perbaikan Jalan Budi Utomo, di Margodadi hanya satu kilometer, dari perbatasan Margorejo dan perbatasan Rejomulyo. (Red)