Pemerintah Provinsi Banten Adakan Bimtek “siMaya” Bagi Pegawai ASN

Kota Serang – Statistik dan Persandian Provinsi Banten melalui Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik (Aptika) tepatnya Seksi Pengembangan Aplikasi informatika, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) siMaya bagi pegawai ASN Kantor Cabang Dinas (KCD) SMAN/ SMKN di Provinsi Banten, di ruang rapat Lt. 2 Gedung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Banten, KP3B Curug-Kota Serang, Selasa (18/02/2020). Bimtek tersebut dihadiri oleh 60 peserta KCD SMAN/SMKN di Provinsi Banten.

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Komari membuka acara tersebut dan menyampaikan beberapa hal terkait bimtek siMaya. Mengawali sambutannya, Komari menyampaikan bahwa saat ini kerja atau pelayanan berbasis IT (Informasi Teknologi) dan pelayanan-pelayanan tersebut di monitor dan di integrasikan dengan Jawara e-gov.

Dalam kesempatan tersebut, Komari juga menunjukan dan menjelaskan tentang aplikasi Jawara e-gov dimana dalam aplikasi tersebut juga terdapat aplikasi layannan kepada masyarakat serta menunjukan aplikasi e-statistik kepada para peserta bimtek. Selain itu, Komari juga menegaskan bahwa seluruh sekolah-sekolah nantinya menggunakan aplikasi siMaya dalam hal surat menyurat, seluruh sekolah juga harus menggunakan domain .go.id jangan lagi .com, seluruh sekolah juga harus sudah menggunakan email yang terintegrasi. Ditambahkan Komari, seluruh sekolah harus sudah mempunyai website. Diakhir sambutannya, Komari mengatakan intinya kita dalam bekerja sudah masuk digitalisasi.

Hadir pada bimtek tersebut, narasumber dari Kementerian Komunikasi Informatika (Kemenkominfo) Wahyu Mardi. Disampaikan Wahyu, terkait aplikasi siMaya sudah digunakan juga oleh Kementerian/Lembaga dan Provinsi bahkan Pemerintah Provinsi Banten paling banyak menggunakan siMaya.

Seperti diketahui aplikasi siMaya merupakan singkatan dari Sistem Administrasi Perkantoran Maya, artinya surat menyurat dilakukan secara elektronik sehingga tidak lagi manual. Sebagai informasi, saat ini Pemprov Banten sudah menerapkan aplikasi siMaya dalam urusan surat menyurat antar OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dilingkungan Pemerintah Provinsi Banten. (Adv/Aldi/Kominfo)