Pemkab Bojonegoro: Peringatan Hari Ibu Ajak Perempuan Tingkatkan Peran

Madani-News.com – Bojonegoro – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) Kabupaten Bojonegoro, pada Jumat (20/12/2019), di ruang Angling Dharma Pemkab Bojonegoro, menggelar seminar dalam rangka Peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019, dengan tema “Sentuhan Emas Ibu Sebagai Kekuatan dan Kebahagiaan Keluarga dan Bangsa.”

Seminar tersebut dihadiri dan dibuka oleh Bupati Bojonegoro Dr Hj Anna Muawanah, dan dalam peringatan hari ibu tahun ini Bupati mengajak para ibu dan perempuan untuk bisa lebih memahami peran ibu khususnya di dalam keluarga.

Selain dihadiri Bupati Bojonegoro, dalam seminar tersebut juga dihadiri Kepala Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro, dokter Anik Yuliarsih MSi, dan menghadirkan narasumber motivator nasional Bunda Ucu Salastri. Sementara, peserta seminar sebanyak 300 peserta dari karyawati OPD di lingkup Pemkab Bojonegoro, dari tingkat kecamatan, organisasi wanita serta Tim Penggerak PKK kabupaten Bojonegoro, turut hadir mengikuti seminar tersebut.

Kepala Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro, dokter Anik Yuliarsih MSi, dalam sambutannya mengatakan bahwa Hari Ibu diperingati sebagai momentum untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap peran perempuan dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga.

“Peran Ibu sangatlah menonjol di berbagai lini kehidupan. Beragam kegiatan yang berkualitas harus dilakukan semua perempuan agar semakin maju.” pungkas dokter Anik Yuliarsih.

Bupati Anna Muawanah dalam sambutannya menyatakan bahwa Peringatan Hari Ibu diadakan agar para ibu atau perempuan bisa lebih memahami bagaimana peran ibu, terlebih di dalam keluarga.

“Peran Ibu dari waktu ke waktu mengalami banyak peningkatan, dari yang awalnya hanya berfokus pada urusan rumah, sekarang dituntut untuk bisa mengurus rumah serta meniti karir.” pungkas Bupati Anna Muawanah.

Menurut Bupati, Ibu memiliki peran yang sangat kompleks yaitu sebagai pengawas, pendidik juga sebagai penunjang karir keluarga. Peran Ibu akan menjadi semakin lengkap dengan ditunjang keaktifan anggota keluarga yang lainnya.

“Ini kenapa keharmonisan keluarga harus selalu tetap terjaga. Sebagai perempuan kita juga harus berani berpendapat, terus belajar dan berserikat untuk menggali segala potensi diri.” kata Bupati kepada para peserta seminar.

Peringatan Hari Ibu di Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2019 ini sangat beragam. Selain seminar, serangkaian acara disiapkan oleh Pemkab Bojonegoro, antara lain aneka perlombaan, upacara peringatan Hari Ibu dan pagelaran musik oleh penyanyi legendaris Didi Kempot. (RED/DBS/ZEN/LANSIR KUMPARAN.COM)