Pemkab Purworejo Tekankan Protokol Kesehatan di Tempat Ibadah

Jawa Tengah, Purworejo – Pemerintah Kabupaten Purworejo menekankan pentingnya protokol kesehatan di tempat ibadah. Hal itu seiring persiapan menghadapi kenormalan baru atau new normal di masa pandemi Covid-19.

Bupati Purworejo Agus Bastian menjelaskan, pihaknya amat menekankan pentingnya protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, terutama di tempat ibadah. “Kegiatan ibadah akan dapat dilakukan seperti biasa, namun harus menerapkan protokol kesehatan,” kata Agus saat mengunjungi ulama di Kecamatan Kaligesing, Senin (8/6/2020).

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan penting dijaga. Bahkan, bagi lembaga pemerintah dan pendidikan, dalam era new normal nantinya harus tetap menerapkan protokol itu.

“Kita memang harus membiasakan memakai masker, karena ini efektif mencegah penyebaran Covid-19,” imbuh Agus.

Kunjungan bupati ke ulama dilakukan untuk menyosialisasikan persiapan new normal, menjelang masa tanggap darurat yang berakhir 12 Juni. Ia mengunjungi KH Habib Sholeh, pengasuh LP Maarif NU Madin Aa-Syafa’at Desa Hardimulyo, KH Yamzami di Desa Ngaran, Kiai Marwan Mawardi di Desa Tlogobulu, dan KH Syamsudin di Desa Sumowono.

Sebelumnya, pada Jumat (5/6/2020), bupati juga berkunjung ke Desa Cacaban Lor, Kecamatan Bener serta berdialog dengan tokoh agama dan beberapa kepala desa terkait Covid-19.

Agus meminta para ulama dan tokoh agama untuk menyosialisasikan berbagai kebijakan pemerintah terkait Covid-19. Saat ini, masyarakat harus mulai terbiasa hidup dengan cara new normal, yakni kembali ke kondisi normal namun dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Dengan selalu memakai masker, sering cuci tangan pakai sabun, serta jaga jarak fisik,” pungkasnya. (Red/Rifky)