Pemkot Metro Gelar Musrenbang Perdana di Banjarsari Metro Utara

Madani-News.com – Kota Metro – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Kecamatan Metro Utara menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di Kelurahan Banjarsari, dengan bertemakan ‘Kita Wujudkan Metro Sejahtera Dengan Memperkuat Infrastruktur Yang Berwawasan Lingkungan’, Selasa (21/01/2020). Turut hadir Walikota Metro, Perwakilan Ketua DPRD, Asisten l Kota Metro, Kepala OPD se-Kota Metro, Camat Metro Utara, Lurah se-Metro Utara, Rw/Rt se-Metro Utara, dan tamu undangan.

Dalam kesempatannya, Tugiman selaku Lurah Banjarsari menyampaikan beberapa Kegiatan yang telah dilakukan di Kelurahan Banjarsari pada tahun 2019, dan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020, diantaranya usulan-usulan Prioritas Pembangunan gorong-gorong, jalan, drenase dan lainnya, seperti dikutip dari info.metrokota.go.id.

Selanjutnya, Walikota Metro Achmad Pairin dalam sambutannya mengatakan bahwa pada kesempatan ini akan mendiskusikan langsung prioritas usulan Pra Musrenbang Kelurahan yang telah disampaikan oleh Lurah Banjarsari.

“Kami bersama Kepala OPD dan staff Banjarsari akan menyepakati usulan yang akan masuk dalam prioritas di  musrenbang Kecamatan nanti. Dengan meminta kepada Bappeda dan Dinas Tekhnis untuk mengasistensi kembali secara detail, usulan-usulan Musrenbang Kelurahan,” ucapnya.

Pairin juga menambahkan bahwa terdapat 4 (empat) ruang untuk merealisasikan usulan masyarakat setempat. Pertama, usulan akan dimasukan dalam APBD Provinsi jika menjadi kewenangan Provinsi. Kedua, usulan akan dimasukan dalam APBN melalui aplikasi SELARAS jika usulan merupakan kewenangan Pemerintah Pusat. Ketiga, usulan akan dimasukan dalam DAK Fisik dalam aplikasi KRISNA jika usulan memenuhi kriteria DAK Fisik. Dan menurut hasil pemantauan Tim Liputan Dinas Kominfo Metro, yang terakhir akan dimasukan dalam APBD Kota Metro jika usulan merupakan prioritas dalam RKPD Kota Metro. (Red)