Pemkot Metro Gelar Rapat Evaluasi Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Tahun 2021

Kota Metro – Pemerintah Kota Metro melakukan Rapat Evaluasi Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Tahun 2021, secara hybrid meeting. Rapat yang dipimpin langsung Walikota Metro Wahdi, di Guest House Walikota, Jumat (07/01/2022).

Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Lampung Nur Rahman Yusup, secara langsung mengahdiri rapat evaluasi tersebut. Dimana Ombudsman RI telah beberapa kali melakukan penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009.

Berdasarkan keterangan Nur Rahman Yusup, penilaian ini dimulai dari latar belakang Undang-Undang Pelayanan Publik yang belum lama berlaku. Sehingga perlu diperkenalkan, disusun, ditetapkan, dan diumumkan. Dengan begitu semua pemangku kepentingan mengetahui dan patuh dalam mengindahkannya.

“Dengan terbitnya Undang-Undang Pelayanan Publik, Penilaian Kepatuhan oleh Ombudsman tahun 2021, akan dilakukan penilaian kembali. Terlepas rencana dan tahapan penilaian kepatuhan yang sudah mulai berjalan, meskipun terbentur wabah Covid-19 yang membuat pelaku usaha dan masyakarat ikut terdampak,” katanya.

Tambahnya, terkait dengan pelayanan publik diharapkan Kota Metro, harus tetap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi. Sehingga dengan kehadirannya, hanya bersifat pengingat untuk melakukan peningkatan inovasi dalam setiap pelayanan.

“Dengan begitu, saya berharap dengan kehadiran ini, masyarakat dipastikan betul-betul mendapatkan pelayanan publik yang lebih baik. Jangan lagi Kota Metro belajar ke Kabupaten atau Provinsi lain kedepannya,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Walikota Metro Wahdi, mengatakan standar pelayanan kurang lebih 7 tahun belakangan, sudah mengantarkan kementerian/lembaga pusat dan daerah. Dimana dari hasil penilaian tersebut, Kota Metro mendapat predikat  zona kuning, dengan nilai kepatuhan sedang yakni 79,17 % dengan peringkat ke-12.

“Kita masih perlu mengevaluasi kembali dan butuh meningkatkan kembali kinerja yang lebih maksimal. Dengan begitu, kedepannya Kota Metro mendapatkan predikat kepatuhan tinggi dan predikat terbaik,” ujarnya.

Tampak hadir juga dapat rapat evaluasi ini diantanya Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman, Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo, Asisten lll Misnan dan para undangan. (Red/Adv)