Pemkot Metro, Tangani Banjir Gunakan Alat Berat dari Balai Besar

Madani-News.com – Kota Metro – 

Pasca banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Metro berencana akan lakukan pengerukan pada perairan Way Batanghari. Hal tersebut dikatakan Wali Kota Metro saat meninjau langsung saluran perairan Way Batanghari yang melewati daerah Kota Metro. Dalam peninjauan tersebut terdiri dari Wali Kota Metro, Wakil Wali Kota Metro, para OPD terkait beserta Forkopimda, Ketua Komisi III DPRD Kota Metro, Selasa (04/02/2020).

Wali Kota Metro, Achmad Pairin, mengatakan terkait pembenahan banjir yang ada di Kota Metro, akan memilih solusi yang memang tidak menimbulkan kembalinya banjir.

“Yang jelas solusi untuk masyarakat saya kedepan tidak terulang seperti ini lagi. Otomatis kami mengambil langkah-langkah melancarkan saluran sampai ke Way Batanghari,” katanya.

Ia menerangkan terkait hal tersebut, mengenai saluran air pada Way Batanghari telah disampaikan kepada Gubernur Provinsi Lampung. Dengan akan melakukan pengerukan terdahulu, sebagai langkah utama.

“Kemarin juga kami sudah bicarakan dengan pak Gubernur tentang solusinya adalah pengerukan atau mengurangi lumpur di Way Batanghari. Karena itu kalau tidak dilakukan pengerukan, apapun judulnya untuk solusinya juga sulit, karena kondisinya di saat hujan deras, permukaan air Batanghari ini sama dengan air yang dari Metro, otomatis air yang mengalir kesana itu otomatis akan sulit. Itu bisa diatasi dengan membuat embung dan lain sebagainya, tetapi lebih efektif kalau kita melakukan pengerukan, kita sudah bicarakan dengan Pak Gubernur dan Balai Besar,” paparnya.

Terkait hal tersebut, pada tahun ini Balai Besar akan meminjamkan alat berat untuk mempermudah pengerukan, dengan biaya operasional dibebankan kepada Pemkot Metro.

“Maka di Tahun 2020 kami akan dipinjamkan alat dari Balai Besar, tapi semua instrumennya dari kita, biaya minyak, upah pengangkutan, biaya operasionalnya semua dari kita,” jelas Achmad Pairin. (*)