Pemuda dari 34 Provinsi Sebanyak 98 di Kemenpora Ri Grebek Sampah

Madani-News.com – Jakarta – Sebanyak 98 Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) dari 34 Provinsi melakukan aksi “gerebek” mencari sampah di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Jakarta (12/7/19).

Aksi ini merupakan serangkaian acara Pembekalan Pepelingasih Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda.

“Pagi ini para duta pemuda peduli lingkungan melakukan aksi Kemenpora Clean Up sebagai bentuk peduli lingkungan dan mendukung Jumat bersih,” ujar I Gusti Putu Raka Pariana selaku Asdep Peningkatan Kapasitas Pemuda.

Aksi grebek ini dilakukan di setiap sudut Gedung Kemenpora untuk mendapatkan sampah dan memilahnya sesuai jenis organik, non organik, kliniks dan B3.

Dijelaskannya, pembekalan sudah berlangsung selama 3 hari lalu di Camp Hulu Cai, Bogor, sebelum aksi ini. Para kader mendapatkan bekal yang luar biasa dan “best practice” dari para pakar yang dapat diaplikasikan di masing-masing daerah nantinya.

“Saat ini Kemenpora sudah memulai Zero Waste tanpa TPA dan mengurangi penggunaan plastik. Hal ini bukan berarti anti plastik namun plastik tersebut akan dikelola menjadi sesuatu yang berguna. Polusi menjadi solusi,” bebernya.

Kegiatan yang bertemakan “Aksi Pemuda Mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2030” ini dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi pada 9 Juli lalu.

“Program ini sudah dilakukan sejak 3 tahun lalu, dimulai dari sebuah keprihatinan bahwa kita harus menyelamatkan lingkungan kita dari penumpukan sampah,” paparnya saat membuka acara.

Ia mengatakan bahwa program ini melibatkan pemuda untuk didorong agar menjadi insiator dan motivator di daerahnya dan dapat memanfaatkan sampah yang diolah menjadi sesuatu yang produktif.

“Ini juga bagian dari kampanye bahaya plastik yang sudah merusak lingkungan dan setiap orang harus berani untuk katakan pada siapapun untuk kurangi sampah plastik,” tutupnya. (Red/Rls/Dbs)