Penerima Bansos Tidak Bisa Ikut Program Kartu Prakerja dari Pemerintah

Jakarta – Pemerintah telah resmi menggulirkan program Kartu Prakerja yang pendaftarannya bisa dilakukan melalui situs resmi www.prakerja.go.id. Dengan total anggaran untuk tahun ini sebesar Rp 20 triliun, jumlah peserta yang bisa mengikuti program Kartu Prakerja sebanyak 5,6 juta orang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menjelaskan, sasaran program Kartu Prakerja adalah pekerja, pencari kerja, dan pelaku usaha kecil dan mikro yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

Pemerintah juga melakukan pendataan melalui dinas-dinas ketenagakerjaan, pariwisata, koperasi dan UKM, perindustrian dan perdagangan, selain juga pada sektor-sektor yang terdampak oleh pengurangan mobilitas masyarakat seperti transportasi dan ritel.

“Untuk bisa mengikuti program ini, syaratnya Warga Negara Indonesia (WNI) berusia di atas 18 tahun yang tidak sedang mengikuti pendidikan formal, pekerja yang terkena PHK, atau pun pelaku usaha mikro dan kecil yang usahanya tidak beroperasi secara baik, dan juga tidak sedang menerima program  Bansos seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan yang lain. Data-data ini nanti akan kami kroscek dengan data NIK,” kata Airlangga Hartarto di acara Special Report Beritasatu TV, Minggu (12/4/2020).

Airlangga menjelaskan, untuk setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp 3.550.000, yang terdiri dari bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta dan insentif paska pelatihan sebesar Rp. 600.000 per bulan untuk 4 bulan (total Rp. 2,4 juta), serta insentif survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk tiga kali survei atau total Rp. 150.000 per peserta.

Pelatihannya sendiri dilakukan secara online melalui platform digital mitra resmi program Kartu Prakerja, yaitu dari Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir, dan Sisnaker. Ke depan, setelah kondisi normal, pelatihan juga akan dilakukan melalui tatap muka (offline).

Sumber: Beritasatu.com