Penertiban Pasar di Kota Metro untuk Jaga Jarak

Kota Metro – Dalam rangka sosialisasi dan penertiban pasar untuk physical distancing, Tim Satgas Covid-19 melakukan apel gabungan di Halaman Hotel Family Metro, Sabtu (02/05/2020).

Tim Satgas Covid-19 ini yang terdiri dari anggota Kodim 0411/LT, Polres, SatPol PP, Dinas Perhubangan dan Dinas Perdagangan Kota Metro.

Wakil Wali Kota Metro Djohan, mengatakan kegiatan ini guna mensosialisasi kepada pelaku pasar, baik kepada penjual dan pembeli untuk physical distancing atau jaga jarak.

“Untuk mewujudkan ini diminta kepada pelaku pasar dan warga dapat mematuhi aturan yang baru, guna menjaga Kota Metro dari Covid-19. Kita juga harus bekerjasama dalam mensosialisasikan pentingnya mengunakan masker, jaga jarak dan menghindari dari kerumunan,” ujar Djohan.

Lanjutnya, Djohan menegaskan bahwa terhitung nanti malam akan diadakannya peralihan mobil bongkar muat barang, yang biasanya di ruas Jalan Imam Bojol menuju ke area parkir Pasar Cendrawasih.

“Peralihan ini kami tujukan untuk mengantisipasi kemacetan pada malam hari. Untuk bongkar muat barang akan ditetapkan waktu beroprasinya,” ungkapnya.

Dandim  0411/LT Burhanudin, juga mengajak para petugas untuk memberikan contoh kepada para pedagang dan pembeli tentang namanya physical distancing.

Selain itu, Tim Satgas Covid-19 Kota Metro melakukan sosialisasi dan penertiban pasar untuk physical distancing (jaga jarak) antar penjual dan pembeli, di area Pasar Cendrawasih, Mega Mall dan Pasar Kopindo.

Bersama Wakil Wali Kota, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0411/LT dan Kepala Kejaksaan Metro ke kerumunan para pedagang untuk sosialisasi pentingnya mengunakan masker, jaga jarak dan menghindari dari kerumunan.

Wakil Wali Kota Metro Djohan mengatakan, pencegahan ini merupakan tanggung jawab kita bersama, bukan hanya aparat setempat.

Sedangkan Kapolres Metro Retno Prihawati, menuturkan bahwa distribusi ekonomi tidak boleh terhenti, terutama kebutuhan pokok.

“Mari rekan-rekan kita lakukan sosialisasi ini dengan pendekatan persuasif namun tegas,” ungkapnya. (Red/Whd)