Pepelingasih Babel Aksi Pembagian 2.000 Bibit Buah Gratis dan Mengkampanyekan Giat Bercocok Tanam dalam Rangka Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia

Bangka Belitung – Forum Pelajar Peduli Lingkungan Bangka Belitung (Recycling Generation Babel) dalam memperingati World Day to Combat Desertification and Drounght melaksanakan Aksi Pembagian Bibit Buah disertai dengan mengkampanyekan budaya bercocok tanam, sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk dapat menjaga lingkungan agar terhindar dari kekeringan serta dapat berkontribusi dalam menanggulangi degradasi lahan.

Adanya lahan terdegradasi sering disebut sebagai lahan tidak produktif, lahan kritis, atau lahan tidur yang dibiarkan terlantar tidak digarap. Proses degradasi lahan dimulai dengan tidak terkontrolnya konversi hutan, dan usaha pertambangan kemudian diikuti dengan penggunaan lahan yang tidak sesuai dengan potensi dan pengelolaan lahan yang kurang tepat.

“Kegiatan ini gerakkan dari Recycling Generation Babel sebagai koordinator bersama KLHK, Diskepora Provinsi Babel, dan Duta Pepelingasih Babel pada tanggal 18 s.d 19 Juni 2020 di perdesaan terutaman kawasan kecamatan Tempilang (Bangka Barat) agar berfokus pada upaya untuk mengubah sikap masyarakat terhadap fokus utama yang menyebabkan desertifikasi dan degradasi lahan diakibatkan adanya proses penurunan produktivitas lahan, baik yang sifatnya sementara maupun tetap. Masyarakat pada umumnya pasti sudah paham dengan daerah kita sebagai tempat penambangan, sehingga salah satu dampak dari aktifitas tersebut adalah terjadinya degradasi lahan ditandai dengan menurunnya kondisi fisik, kimia, dan biologi’ kita berharap dengan adanya aksi yang kita mulai gencarkan dari sekarang akan menumbuhkan kesadaran terhadap masyarakat agar bisa kembali lagi dengan berbudaya bercocok tanam dengan revegetasi menjadi pilihan untuk meningkatkan kadar bahan organik dan memperbaiki siklus hara serta meningkatkan jumlah dan aktifitas mikroba tersebut,” kata Orie Fachridho Hermawan, Duta Pepelingasih Bangka Belitung, Sabtu (20/06/2020).

Sementara Sekjen Recycling Generation Babel, Angga Artha Adithia mengatakan kegiatan kemarin sudah dipersiapkan dengan baik oleh team pelaksana kegiatan, dimana kita lebih banyak untuk melibatkan peran generasi muda dalam aksi tersebut untuk lebih memberikan keleluasaan pada mereka sebagai meningkatkan pemberdayaan pemuda di daerah ini,” tukas Angga.

Kegiatan ini sangat didukung dan diapresisai oleh Kepala Dinas Diskepora bapak H.Suharto,SE.MM dikeranakan terselenggarakannya kegiatan ini atas dasar pergerakkan pemuda sebagai generasi penerus bangsa yang berfokus sebagai generasi yang peduli pada lingkungan dan kegiatan tersebut bertepatan juga memperingati Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia. Semangat para generasi muda ini, selalu harus kita dukung dari lingkungan pemerintah dan berbagai lapisan masyarakat, yaitu Stakeholder agar kreatifitas dan inovasi dari ide mereka selalu bisa di support terus menerus. (*)