Pepelingasih Sukseskan HPSN 2022 Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Bangka Belitung – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tanggal 21 Februari tiap tahunnya. HPSN menjadi suatu langkah aksi pada semua pihak bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama, yakni dalam hal penanganan dan pengelolaannya yang memerlukan keterlibatan seluruh komponen masyarakat.

Kegiatan ini melalui surat edaran Kementerian LHK RI dengan mengambil tema “Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim”, Pepelingasih Kepulauan Bangka Belitung & Komunitas Recycling Generation Kep. Babel berinisiatif melaksanakan kegiatan HPSN berhubungan dengan gerakan berkelanjutan yang sudah rutin dilaksanakan setiap tahun serta bentuk dari peningkatan kapasitas pemuda dalam kepedulian terhadap lingkungan sekitar yang di support oleh Dinparbudkepora Kep Babel, DLHK Kep Babel, Biro Umum Kep Babel, Bu Melati Erzaldi, Bu Elli Gustina Rebuin, Dll. HPSN 2022 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilaksanakan di Pantai Koala, Jembatan Emas pada hari Minggu, 20 Februari 2022.

Orie Fachridho Hermawan Selaku Koordinator HPSN 2022 Kep. Babel, mengatakan bahwa melalui HPSN 2022 yang dilaksanakan secara swadaya diharapkan menjadi platform untuk mendukung dan memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong untuk mengendalikan dampak perubahan iklim yang timbul dari sektor sampah di tingkat paling tapak dengan Aksi Nyata yang telah kita lakukan melibatkan ratusan peserta hasil dari kolaborasi komunitas partner mulai dari kegiatan pembukaan untuk mengetahui perkembangan gerakan HPSN di Kepulauan Bangka Belitung, Seminar Edukasi Lingkungan dimana narasumber yang dihadirkan yaitu Elli Gustina Rebuin (Stafsus Gubernur Kep. Babel), Imam Wijaya (PPS ALOBI Foundation), Orie Fachridho Hermawan (Pepelingasih Indonesia), dan Aksi Mutik & Pilah Sampah dengan sampah yang ditimbang keseluruhan dengan berat 386 Kg dari puluhan komunitas partner yang tergabung mulai dari pembersihan dia area bawah Jembatan Emas sampai pesisir pantai Koala bertujuan juga dalam mempromosikan Destinasi Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Senin (21/02/2022).

Orie, berharap melalui gerakan ini kita lebih memahami Perubahan Iklim yang sudah dirasakan saat ini dari hal terkecil terlebih dahulu melalui lingkungan sekitar serta mengkampanyekan kepedulian terhadap lingkungan kepada masyarakat luas dan saya menyatakan bahwa tema HPSN tahun 2022 ini menyinergikan tiga program utama Kementerian LHK RI yaitu, pengelolaan sampah, pengendalian perubahan iklim dalam hal pengurangan emisi di program kampung iklim (Proklim), serta Perhutanan Sosial, dimana semua itu kita sampaikan terhadap peserta yang mengikuti serangkaian kegiatan HPSN 2022 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara itu, Staff Khusus Gubernur Bidang Lingkungan Hidup & Pembangunan, Elli Gustina Rebuin mengatakan ini menjadi langkah baik bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui teman-teman pegiat lingkungan beserta relawan yang tergabung atas program Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN2022) dengan dilakukannya juga penandatanganan Komitmen Peduli Lingkungan.

Harapan saya terhadap program ini dapat membantu masyarakat yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung lebih tepatnya dengan aktivitas pendapatan UMKM yang ada disekitar Pantai Koala di Jembatan Emas dan mengkampanyekan juga terhadap wisatawan yang berkunjung untuk lebih sadar terhadap sampah yang dibawa maupun hasil belanja disekitar destinasi wisata. Program HPSN 2022 ini juga harus ada tindaklanjut melibatkan berbagai kolaborasi harus dilakukan mulai dari pemerintah, stakeholder, dan seluruh elemen masyarakat agar dapat saling membantu mewujudkan terlaksananya dengan baik pengendalian Perubahan Iklim di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (Red/Tim)