Pilkades Serentak Lamsel Desa Pauh Tanjung Iman Sarankan Perhitungan Ulang

Madani-News.com – Lampung Selatan – Sekitar 131 desa di Kabupaten Lampung Selatan, pemilihan kepala desa serentak untuk 5 tahun kedepan, Rabu (26/6/2019).

Dari 131 desa itu ada kejadian yg menarik , Desa Pauh Tanjung Iman masuk dalam wilayah Kecamatan Kalianda, untuk kedua calon kades yang berkompetisi meraih suara imbang atau sama kuat yang diikuti 2 calon kades(calonlurah), dengan torehan suara masing-masing sebanyak 352 suara bagi calon 01 (Amiludin) dan 02 (Maharudin).

Perolehan masing-masing suara calon kepala desa yang imbang itu memperebutkan total suara sebanyak 995 suara dari total mata pilih dengan akumulasi suara tidak sah sebanyak 10 suara. Sehingga beberapa warga menyarankan untuk perhitungan ulang.

“Warga mengusulkan perhitungan ulang dan panitia pemilihan sepertinya merespon, hitung ulang ya bukan pemungutan atau pemilihan ulang,”kata salah seorang warga, Dendy.

Sekadar mengimbau dan mengingat kan, logistik Pilkades yang telah didistribusikan untuk mensukseskan pilkades serentak ini meliputi surat suara sebanyak 834.751 lembar, kotak suara sebanyak 804 buah, tinta sidik jari sebanyak 2.176 botol, bantalan dan paku sebanyak 1.435 buah.

“Logistik Pilkades yang akan didistribusikan ke 131 desa ini, diangkut menggunakan 13 kendaraan. Masing-masing kendaraan akan dikawal Satuan Polisi Pamong Praja dan satu orang staf dari Bagian Otonomi Daerah beserta supir,” ungkap Kepala Bagian Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Lampung Selatan, Setiawansyah, AP, M.Si belum lama ini.

Setiawan menambahkan, logistik itu nantinya akan langsung didistribusikan ke kecamatan dan akan diterima oleh Camat, Kapolsek, dan Danramil di masing-masing kecamatan.

“Selanjutnya, dari kecamatan akan didistribusikan ke masing-masing desa, dan akan diterima langsung oleh Babinsa, Babinkamtibmas, dan Penjabat Kepala Desa di 131 desa yang melaksanakan Pilkades Serentak tahun 2019,” ungkap Setiawan (Red/Ali STN)