Pjs Bupati Pesisir Barat Resmikan Peluncuran Program Bantuan Sosial Beras PKH

Lampung, Pesisir Barat – Pjs. Bupati Pesisir Barat, Achmad Chrisna Putra melakukan Launching Program Bantuan Sosial Beras Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan(KPM PKH) Kabupaten Pesisir Barat, bertempat di halaman Kantor Bupati, pada Rabu pagi (30/09/2020).

Kegiatan Launching Program Bantuan Sosial Beras KPM PKH di Kabupaten Pesisir Barat ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Pjs. Bupati sebagai simbol pelepasan iring – iringan kendaraan yang membawa bantuan untuk diserahkan langsung kepada KPM PKH di Kecamatan.

Dalam sambutannya Pjs. Bupati Pesisir Barat, Achmad Chrisna Putra mengungkapkan, bahwa sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Nomor 322 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Sosial Beras Tahun 2020, bahwa bantuan sosial beras untuk keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM PKH) bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras selama pandemi covid-19. KPM PKH, tentunya hal ini menjadi sasaran bansos beras, dengan pertimbangan dalam keluarga peserta PKH terdapat anak-anak, lanjut usia, dan penyandang disabilitas yang perlu mendapatkan perlindungan dan pemenuhan nutrisi.

Kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat yaitu launching penyerahan bantuan sosial beras dari Kementrian Sosial RI, adalah bentuk jaring pengaman sosial covid-19 untuk 11.208 KPM PKH yang tersebar di 11 Kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat, dengan total bantuan sebesar 504.360 Kg beras yang akan diberikan melalui tiga tahap, yaitu pada bulan Agustus, September dan Oktober untuk masing-masing penerima PKH akan mendapatkan 15 kg pertahap.

“Kegiatan penyaluran bantuan sosial berupa beras ini akan dimulai dari Kecamatan Pesisir Tengah dengan jumlah penerima 826 PKM PKH dan akan dilanjutkan ke kecamatan lainnya sesuai dengan jadwal transforter,” ungkap Achmad Chrisna Putra

Lebih lanjut, Chrisna berharap agar bantuan tersebut harus dipastikan sesuai dengan pendataan penerima manfaat serta harus sesuai ketentuan dan standar bantuan.

Bantuan tidak dipolitisasi, sehingga tidak ada kepentingan politik bahwa seolah – olah bantuan berasal dari salah satu Pasangan Calon.

Selain itu, Achmad Chrisna Putra juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada terhadap wabah covid-19 yang sekarang masih melanda di Kabupaten Pesisir Barat.

“Mari kita tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, hindari kerumunan, menggunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun dan menjaga pola hidup sehat. Yakinlah kita bisa melalui ini semua, semoga wabah covid-19 ini bisa cepat berakhir dan kita bisa kembali menjalani kehidupan dengan normal.” Pungkasnya. (*)