PKH Kota Metro Targetkan Satu Kecamatan Satu Sarjana

Madani-News.com – Kota Metro – Penting bagi suatu daerah untuk memperhatikan tingkat pendidikan masyarakatnya . Termasuk di Kota Metro, sebagai Kota Pendidikan, maka tingkat pendidikan masyarakatnya, terkhusus generasi mudanya harus benar-benar diperhatikan.

Mengingat hal tersebut, maka Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Metro gencar melakukan sosialisasi dan motivasi untuk para siswa/i SMA sederajad yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) agar terus mau melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang perguruan tinggi. Sembari PKH mengupayakan agar anak KPM dapat lolos bidikmisi di perguruan tinggi yang dituju.

Melalui Sosialisasi dan Motivasi Gerakan Ayo Kuliah (GAK) ini, PKH Kota Metro menghadirkan para pelajar Se-Kota Metro beserta orang tuanya—yang terdaftar sebaagi KPM—untuk bisa menerima pemaparan dari pembicara tentang peluang untuk mrlanjutkan keperkuliahan. Acara yang bertajuk ” Satu Kecamatan Satu Sarjana PKH” itu berlangsung di Wisma Haji Al-Khairiyah Kota Metro, Minggu, (26/01/2020)

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Sosial Kota Metro, Staf Ahli Bidang 1 Walikota Metro, Serta beberapa perwakilan dari unsur perguruan tinggi seperti IAIN Metro, IAIM NU Ma’arif Kota Metro dan Perguruan Tinggi Dharmawacana Kota Metro. Acara ini menghadirkan pemateri dari UM Metro, IAIN Metro dan BNN kota

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Sosial Kota Metro, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Sosial Kota Metro, bahwa Gerakan Ayo Kuliah adalah untuk mendorong pelajar kelas 12 dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi.

Selain itu, Wali Kota Metro yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang 1 menyampaikan ” Sosialisasi dan Motivasi Gerakan Ayo Kuliah ini sudah dimulai sejak tahun 2016. Dengan tema yaitu Satu Kecamatan Satu Sarjana PKH. Artinya adalah, minimal setiap tahun ada lima anak dari Kota Metro yang berhasil lolos bidikmisi di perguruan-perguruan tinggi.”

Lebih lanjut, tercatat selama tahun 2019 ada 11 siswa/i dari KPM PKH Kota Metro yang sudah berhasil dibantu untuk lolos bidikmisi di berbagai Perguruan Tinggi, seperti di Universitas Lampung (Unila), Institut Teknologi Sumatera (Itera), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Universitas Jenderal Sudirman dan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (Stan).

Walikota Metro juga mengharapkan agar jumlah pelajar dari KPM PKH Kota Metro yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dengan lolos bidikmisi akan semakin meningkat di tahun ini. (RED/WEPO)