PMK Lampung Tengah Gandeng Payungi University Bangun Program D-IKEPO

Lampung, Kota Metro – Payungi University bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK) Lampung Tengah akan melaunching gerakan program D-IKEPO. Payungi University yang sebelumnya membuka sekolah desa terus fokus pada upaya inovasi desa.

D-IKEPO adalah program desa internet, kreatif, energi, pertanian dan olahraga. Target program D-IKEPO adalah tersedianya fasilitas di atas pada setiap desa di Lampung Tengah. Misal dalam tahapan kampung olahraga, pendayagunaan anggaran desa dapat dimaksimalkan dalam fasilitas lapangan olahraga untuk gerakan awal. Bisa futsal atau lapangan voli.

Dharma Setyawan dari Payungi University mengatakan, “Kampung olahraga mencoba memberi kegiatan positif bagi anak muda desa dalam hal olahraga, sehingga anak-anak muda betah di kampung atau di desanya.”

Firdaus Kepala Dinas PMK Lamteng menambahkan, “Kami juga ingin menyontoh gerakan Pasar Yosomulyo Pelangi sebagai kampung kreatif untuk diterapkan di Lampung Tengah. Sebuah pasar jajanan tradisional yang memberi banyak manfaat ekonomi, sosial dan budaya bagi warga. Selain itu konsep desa internet juga sangat mungkin untuk diterapkan di desa atau di kampung.” (Red)