PPL BKI UIN Banten Gelar Seminar Bimbingan Karir di Lapas II A Kota Serang

Serang – Mahasiswa Praktikum Profesi Lapangan (PPL) Prodi Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten mengadakan Kegiatan Seminar Bimbingan Karir Bagi Warga Binaan dengan tema “Mempersiapkan Karir untuk Menghadapi New Normal” di Lapas Kelas II A kota Serang pada senin (1/11/2021).

Dr. Yogi Damai Syaputra, M.Pd. selaku Narasumber menyampaikan bahwa pembekalan karir sangat penting untuk kehidupan setelah keluar dari lapas.

“New normal yang dimaksud adalah bagaimana warga binaan bisa hidup beradaptasi kembali dengan masyarakat yang secara notabene memberikan stigma negatif terhadap warga mantan narapidana. Dan stigma ini menjadi beban bagi warga dalam bersosialisasi dengan masyarakat.” Kata Yogi.

“Bimbingan karir yang diberikan bertujuan untuk membantu warga binaan dalam menentukan tindakan yang akan dilakukan kedepannya setelah keluar dari lapas. Dengan memberikan pendangan tentang siapa dirinya, mau kemana dan apa yang akan dia lakukan setelah lepas dri lapas. Muara tujuannya adalah bagaimana mereka bisa menjadi orang sukses dimasa depan walaupun mantan narapidana atau residivis.” Tambah Yogi.

“Semoga mereka bisa mengenal dirinya, sehingga bisa mengambil keputusan untuk kehidupan yang lebih layak kedepannya. Meskipun mereka residivis, tetapi mereka berhak untuk menjadi orang sukses. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini membuat mereka (warga binaan pemasyarakatan) bangkit dri zona gelap menuju kehidupan sukses yang cemerlang.” Tutup Yogi.

Aas Aprilia, Mahasiswa PPL mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkarir WBP menghadapi era new normal.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi warga binaan pemasyarakatan di Lapas kedepannya. Adapun tema Seminar Bimbingan Karir yaitu Mempersiapkan Karir untuk Menghadapi New Normal” Kata Aas.

“Dengan adanya acara ini, semoga bisa memotivasi para WBP dalam karirnya di masa yang akan datang. Kami juga berharap agar seminar ini bisa menjadi bekal bagi mereka ketika keluar dari binaan di Lapas” Tutup Aas.(Red/Aldi)