Progresif, HMI Cabang Padang Adakan Kegiatan Ranah Literasi

Madani-News.com – Padang – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Padang melalui bidang pendidikan dan pengembangan pariwisata menggelar kegiatan yang progresif dengan nama Ranah Literasi bertempat di Wisma HMI Cabang Padang Hang Tuah 158 pada hari Jum’at, 18 Oktober 2019.

Tema yang diangkatkan pada kegiatan Ranah Literasi yaitu “peran pemuda dalam memajukan pendidikan Indonesia” dengan mendatangkan dua narasumber yang ikut terlibat aktif di bidang pendidikan, pemateri pertama dari Dinas Pendidikan Kota Padang Bapak Syamdani, S.Pd, M.Pd dan Kakanda Yohan Fitriadi, S.Hi, MM dengan dihadiri puluhan peserta dari kader HMI Cabang Padang maupun dari peserta umum.

Pj ketua umum HmI cabang Padang Rahmaddian  dalam sambutannya mengatakan, pemuda sebagai agent perubahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara selalu menawarkan ide-ide, gagasan-gagasan besar dan solusi untuk masa depan yang lebih baik, itulah pentingnya pemuda menjadi garda terdepan untuk kemajuan sebuah bangsa dan negaranya.

Selanjutnya, Rahmaddian menjelaskan bahwa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pemuda dan pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk bagaimana keberlangsungan sebuah peradaban yang lebih baik. Sesuai dengan apa yang ada didalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, mengatur tentang tujuan Pendidikan Nasional yang mana mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Hal ini tentunya, menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk bagaimana kedepan, diera abad ke 21 ini. Peran Pemuda dalam dunia Pendidikan harus mampu menjawab tantangan zaman, pungkasnya.

Pak Syamdani, S.Pd, M.Pd dari Dinas Pendidikan Kota Padang mengatakan, bahwa dirinya senang bisa berbagi tentang pentingnya pendidikan kepada pemuda, yang terutama dari pendidikan adalah bagaimana pendidikan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Saat ini, sangat penting penerapan pendidikan karakter bagi pemuda dan masyarakat agar dapat membentuk pribadi yang lebih baik. Selain itu, kedisiplinan merupakan hal penting dan utama dalam menunjang kesuksesan bagi pemuda di kemudian hari, jelasnya.

Kanda Yohan Fitriadi, S.Hi, MM selaku pemateri dalam kegiatan Ranah Literasi menjelaskan, bahwa pendidikan sangat penting untuk generasi muda, terlebih saat ini dengan merebaknya teknologi dan media sosial, informasi yang banyak beredar perlu dicermati lebih mendalam dan disertai literasi yang baik agar tidak terjebak dalam informasi yang salah. Untuk itulah peran pemuda dalam dunia pendidikan sangat besar, agar masyarakat tidak terjerumus kedalam hal-hal negatif, melalui pendidikan yang baik dan jelas tujuannya maka peradaban manusia yang bermartabat akan dapat terwujud, tutupnya.

M. Habibullah, SP selaku Ketua Bidang Pendidikan dan Pengembangan Pariwisata HmI Cabang Padang mengatakan, kegiatan ini diangkatkan dengan nama “Ranah Literasi” yang bertujuan untuk membahas secara tuntas dan mendalam tentang pentingnya pendidikan bagi generasi muda , dan harapannya dapat menjadi sumber inspirasi di kalangan pemuda dan masyarakat umum.
Sebagai pemuda yang kritis dan intelektual, tentu perlu literasi yang baik agar informasi dan pemahaman yang disampaikan kepada masyarakat dapat memberikan pencerahan bukan kekeliruan, ungkapnya.

Habil menambahkan, kegiatan diskusi seperti ini akan terus dilaksanakan kedepannya, dengan kajian yang tidak hanya membahas tentang pendidikan, namun juga berkaitan tentang pengembangan pariwisata dan sumber daya alam serta dan lainnya, harapannya “Ranah Literasi” terus memberikan pemahaman kepada pemuda sebagai agent of change yang akan menjadi pemimpin masa depan melalui kegiatan diskusi intelektual dengan isu-isu kekinian, tutupnya. (RED/M.H)