Pusat Studi IAIN Metro siap mendampingi Program Ekonomi Desa

Kota Metro – Perguruan Tinggi IAIN Metro adalah salah satu kampus di Lampung yang berada di wilayah tengah. Terletak di dua kabupaten, kampus 1 berada di Metro dan Kampung 2 berada di Lampung Timur. Potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang belajar di IAIN Metro berasal dari banyak kabupaten dari wilayah Lampung dan luar Lampung. Ada 8 ribu lebih mahasiswa yang kuliah di kampus IAIN Metro.

Dharma Setyawan Kajur Ekonomi Syariah IAIN Metro sekaligus peneliti di Pusat Studi Desa IAIN Metro melihat potensi ini sebagai sesuatu yang harus dimanfaatkan. “Lulusan-lulusan IAIN Metro harus berani pulang ke Desa dan membangun ekonomi desa sesuai prinsip-prinsip Syariah.”

“Ekonomi desa harus tumbuh, maka mahasiswa mulai sejak dini harus berani berbuat yang terbaik untuk desanya, bukan menunggu setelah lulus, tapi berani learning by doing. Dana Desa sesuai arahan Presiden Jokowi harus ada prioritas untuk pelatihan SDM Desa dan pengembangan Ekonomi Desa.” Ujar Dosen yang juga Founder Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) @payungi_

“Selain itu Pusat Studi Desa IAIN Metro juga siap terlibat aktif dalam merancang program Ekonomi Desa, melalui Sekolah Desa, kami membantu Desa memetakan potensinya. Setidaknya ada 6 materi yang kami sediakan sekaligus pendampingan lapangan, yaitu; materi Pemetaan Sosial, Trilogi Pembangunan Desa, Pendekatan Masyarakat, Ekonomi Desa, Media Digital Desa dan Geo-Politik Desa. Banyak sekali potensi desa mulai dari pengembangan Bumdes, Pasar Desa, Wisata Desa, Pertanian, Peternakan, Energi Mandiri, dan pengembangan sub sektor ekonomi kreatif Desa. Kita yakin dengan konsistensi gorong royong SDM Desa Desa akan mandiri dalam berbagai bidang. Kita juga banyak melihat di media, banyak contoh desa yang maju karena SDM nya terlatih dan kompak.” Pungkas Dharma Setyawan. (*)