Puskesmas Pasir Sakti Lampung Timur Gelar Musyawarah Masyarakat Desa

Madani-News.com – Lampung Timur – Sesuai program dari Puskesmas Pasir Sakti, Kamis (05/12/2019) telah digelar Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Desa Pasir Sakti. MMD ini merupakan program tahunan Puskesmas Pasir Sakti yang mempertemukan perwakilan warga dan para kader untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) masyarakat.

Acara yang dilaksanakan di Balai Desa Pasir Sakti ini selain dihadiri oleh kader dan perwakilan warga, dihadiri pula oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa Pasir Sakti, Ketua TP PKK Desa Pasir Sakti,

Pada umumnya, tujuan dari dilaksanakan MMD ini adalah agar masyarakat mengenal masalah kesehatan di wilayah Desa Pasir Sakti. Setelah mengetahui masalah kesehatanĀ  yang dialami dan dimusyawarahkan bersama, harapannya masyarakat sepakat untuk menyusun rencana penganggulangan masalah kesehatan tersebut.

Setelah acara dibuka dan dilakukan beberapa sambutan awal kemudian dilanjutkan dengan penyampaian hasil Survei Mawas Diri (SMD) oleh kader Dias Aulia Harumi S.Km, selaku pemegang program promosi kesehatan Pasir Sakti.

Dari hasil pembacaan survey tersebut di dapat 12 masalah utama yang dialami Desa Pasir Sakti, antara lain:

  1. Ikut program KB
  2. Bersalin di Yonfaskes
  3. Imunisasi Dasar Lengkap
  4. AsiĀ  eksklusif
  5. Pemantauan tumbang
  6. TB (Berobat Teratur)
  7. Hipertensi berobat teratur
  8. Tidak ada ART merokok
  9. Sekeluarga Anggota (JKN)
  10. Akses Air Bersih
  11. Akses jamban keluarga
  12. Scizho tidak di terlantarkaarapan

hasil masalah tersebut kemudian ditelaah satu persatu dan dicari solusinya. Setelah dilakukan musyawarah, didapat 3 masalah utama yang perlu ditindak lanjuti :

  1. Jambanisasi, dalam hal ini kami akan ajukan ke Musrenbangdes, guna untuk bisa di utamakan dan di realisasikan,
  2. Hipertensi, dalam hal ini pihak Puskesmas akan adakan alat kontrol asam urat dan kadar gula
  3. TB, dalam hal ini kader TB akan lebih aktif bersosialisasi kepada pasien pasien TB untuk minum obat teratur,

“Kami berharap agar Pemerintah Desa bekerja sama dengan Puskesmas untuk memberikan sosialisasi agar masyarakat tidak kekurangan pengetahuan tentang kesehatan. Serta terus bekerja sama dan mendukung segala kegiatan dari Puskesmas untuk menanggulangi masalah kesehatan di Desa Pasir Sakti”pungkas Dias Aulia. (Red/Dbs/Whd)