Putra Daerah Serang Raih Juara 1 Podcast Competition PR Parade 2020 Binus University Malang

 10 total views

Madani-News.com – Muhammad Rafiyudin, Announcer Podcast “MR Podcast” yang berasal dari Cikande Serang-Banten berhasil menjadi Juara 1 di Podcast Competition PR Parade Binus University Malang.

Perjalanannya sebagai seorang Announcer Podcast tak lepas dari kesehariannya sebagai seorang conten creator yang memiliki kewajiban membuat sebuah karya yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Bukan hanya membuat siaran podcast, Muhammad Rafiyudin yang biasa dipanggil dengan sapaan Rafi ini juga aktif dibidang industri kreatif lainnya seperti Photography, Videography, dan Desain Grafis

Ketika dimintai keterangan terkait lomba podcast, awal mula Rafi hanya tersenyum malu dan hanya iseng.

“Awalnya sih cuma iseng ajah searching lomba podcast 2020, dan dari beberapa event, PR Parade Competition ini yang masih ada sedikit waktu sebelum pendaftarannya ditutup, akhirnya daftar, terus besoknya dihubungi sama panitianya, diingetin kalau dateline tinggal besok. Yaudah dari situ langsung bikin konsep, malemnya langsung take video” Cerita Rafi, saat diwawancarai.

Rafi, mahasiswa asal Cikande, yang sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka ini justru duduk di jurusan manajemen dan bukan di jurusan Film, DKV, Atau teknik.

“Ya Sebenernyamah kuliah di manajemen ini planing C, plan A sama Plan Bnya kalau engga Film ya Animasi lah paling engga. Tapi ternyata belum rezekinya, jadi yaudah sekarang lebih fokus ke apa yang lagi dijalananin dan fokus sama apa yang lagi jadi hobi sekarang.” Jawab Rafi ketika ditanya soal perkuliahan.

Namun jurusan yang diambilnya sekarang tidak menjadikan dirinya untuk berhenti dibidang industri kreatif dan berhasil membawa pulang Juara 1 Lomba Podcast Tingkat Mahasiswa.

“Jurusan kan bukan patokan dan alasan kita untuk berhenti berkembang, selagi kuliah kita nggak keganggu sama hobi kita, dan kita tahu kapasitas diri kita, ya enjoy aja. jangan terlalu dibawa ribet.” Tambah Rafi.

Menjuarai Lomba Podcast ini juga menjadi salah satu jawaban Rafi dari beberapa pertanyan yang pernah menghajarnya beberapa tahun yang lalu saat ia baru memulai karirnya di bidang kreatif.

“Dulu pas awal banget masuk ke industri kreatif, itu circle Rafi tuh ngerasa aneh sama Rafi, kayak banyak yang nanya ngapain sih bikin-bikin video, ngapain sih bikin-bikin podcast kayak ada yang dengerin ajah. Tapi kayak di dalem hati tuh punya perasaan yakin, kalau suatu hari nanti apa yang Rafi lakuin ini bakalan orang-orang lakuin, dan ternyta emang bener, setalah satu tahun jalan nge-youtube, orang-orang yang kemarin nanyain itu pada bikin channel youtube dan banyak nanya soal produksi video. dan awards yang sekarang ini juga jadi bukti kalau putra putri daerah tuh punya potensi untuk berkembang di Industri Kreatif” Kata rafi.

Mahasiswa Semester 1 ini juga berbicara soal potensi yang dimiliki putra daerah di Industri Kreatif sangat besar.

“Potensi di setiap daerah itu pasti ada, cuma tinggal bagaimana mereka mengembangkan potensi yang sudah ada tersebut. Se-pengalaman pribadi, Rafi banyak nemuin konten-konten dari anak-anak daerah, mulai dari film pendek, parodi, komedi, dan banyak lagi. Cuma yang Rafi liat adalah, hampir semuanya itu terkendala dibagian pengembangannya. Jadi sebenernya kita itu harus punya wadah untuk menampung potensi-potensi yang dimiliki oleh putra putri daerah agar bisa dikembangkan lagi. Jika hal ini sampai di respon oleh pihak-pihak terkait dan ditindak lanjuti, tentu ini akan jadi peluang besar di Indutri Kreatif” tutup rafi. (Red/Aldi)